Tuesday, 3 September 2013

Upacara HUT Pramuka ke 52 di Sumbawa Berlangsung Khidmat

Sumbawa Besar, – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 52 Gerakan Pramuka tahun 2013 yang berlangsung Sabtu (31/8) di Halaman Kantor Bupati Sumbawa berlangsung hikmat. Upacara tersebut dihadiri anggota pramuka dari kalangan SD, SMP dan SMA, SMK. Juga dihadiri anggota Mabicab, Kepala SKPD serta pengurus Kwarcab Pramuka Sumbawa. 

Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik sebagai pembina upacara, dalam sambutannya mengingatkan agar peringatan HUT seperti itu bukan hanya sebagai kegiatan serimonial yang diperingati setiap tahunnya, melainkan melalui HUT Pramuka ke 52 ini diharapkan dapat dijadikan sebagai momen untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dimasa yang akan datang

Selain itu juga diharapkan agar momen tersebut dapat memberikan makna bagi generasi muda untuk meningkatkan ketangguhan moral serta kecerdasan intelektual dimasa yang akan datang, serta dapat terwujudnya generasi muda yang lebih baik dari sekarang ini.

Oleh karena itu, JM—sapaan akrab Bupati Sumbawa, berharap kepada seluruh Kepala Sekolah agar memasukan kegiatan Pramuka ini sebagai kegiatan ekstra kurikulir di sekolahnya masing-masing serta meminta agar pihak sekolah mengerti soal kepramukaan.

Pada kegiatan upacara itu dihadiri oleh ratusan peserta dengan menggunakan seragam pramuka. Kemudian yang bertindak sebagai komandan upacara Awaluddin, SAP dan petugas pembawa Dasa Dharma Pramuka, Herliana.
Setelah kegiatan upacara, masih dalam suasana hari Pramuka juga digelar kegiatan Bazaar Siaga yang berlangsung di Wisma Daerah Sumbawa yang dibuka oleh Hj Rahma Jamaluddin Malik yang didampingi oleh Ketua Kwarcab Sumbawa, H Farhan Bulkiyah, SP beserta Hj Martina Farhan serta para Pengurus Kwarcab Pramuka Sumbawa lainnya.

Pada Bazaar tersebut dilaksanakan berbagai perlombaan untuk anak SD, diantara lomba lari kelereng, lomba memasukan gelang ke botol serta berbagai permainan lainnya.

Selain itu, pada hari yang sama juga digelar lomba Gerakan Jalan Indah yang dikuti oleh 34 regu gerak jalan yang berasal dari seluruh sekolah di Kabupaten Sumbawa pada semua jenjang.

Pada kesempatan itu, Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik berksempatan untuk melepas peserta gerak jalan indah yang dimulai dari Kantor Bupati dan berakhir di di Wisma Daerah.

Adapun peserta lomba gerak jalan yang meraih juara sebagai berikut, untuk tingkat Penggalang (SD) Putri SDN 4 Sumbawa juara pertama, kemudian disusul SDN 1 Lopok juara kedua dan Kwaran Moyo Hilir juara ketiga.

Sementara untuk Penggalang SD putra meliputi SDN Lopok juara pertama, SDN 9 Sumbawa Besar juara kedua dan SDN Karang Dima juata ketiga. Untuk Penggalang SMP putri yakni SMP Negeri 1 Lopok juara pertama, SMP Negeri 3 Lopok juara kedua dan SMP Negeri 1 Labuhan Badas juara ketiga. Untuk Penggalang SMP Putra yakni SMP negeri 1 Lab.Badas juara pertama, SMP Negeri 1 Sumbawa Besar juata ketiga dan SMP Negeri 3 Sumbawa Besar juara ketiga.

Untuk regu Penegak SMA Putri juara pertama SMA Negeri 3 Sumbawa, juara kedua diraih SMA Negeri 1 Sumbawa dan juara ketiga diraih SMA Negeri 1 Alas Barat. Untuk Penegak SMA Putra juara pertama SMA Negeri 1 Sumbawa, juara kedua SMA Negeri 1 Alas dan juara ketiga SMA Negeri 2 Sumbawa.

Sumber : http://www.gaungntb.com/2013/09/upacara-hut-pramuka-ke-52-sumbawa-berlangsung-khidmat/

0 comments:

Post a Comment