Boyman, Black Book, Scouting for Boys

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai buku materi Kepramukaan, antara lain : Buku Boyman, Buku Panduan SKU, Buku UU Pramuka, Buku PP Pramuka, Dll.

Aksesoris Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai Tenda Dome kapasitas 2 dan 4 orang.

Aneka Produk Loreng Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai macam produk berbahan kain Loreng Pramuka. Produk kami antara lain : Jaket, Celana, Rompi, Topi, dll.

Kain Batik Pramuka Indonesia

Kedai Pramuka Scout Addict menghadirkan kain batik Pramuka sebagai wujud kebanggaan warisan budaya Indonesia.

Pelayani Pemesanan Pin, Gantungan Kunci, ID Card

Kedai Pramuka Scout Addict juga melayani pemesanan pin, gantungan kunci, Id Card, dll untuk kegiatan maupun souvenir.

Dokumentasi Pengiriman

Dokumentasi dari pesanan yang pernah kami kirimkan. Kami pernah mengirim pesanan dari Aceh sampai Papua.

Monday, 28 February 2011

Lomba Kejar Bintang (LKB 2011)

Semangat Pramuka!!

Lomba Kejar Bintang 2011 atau bisa disebut LKB 2011 pangkalan SMP N 2 Depok Se-Jawa Barat, DKI Jakarta , Banten,, akan dilaksanakan pada :
Hari / tanggal   : Minggu, 19 Juni 2011
Tempat            : SMP N 2 Depok
Lomba untuk  Penggalang. Untuk kakak yang di luar Jawa Barat, DKI, Banten, juga dapat mengikuti kegiatan ini,,,di tunggu partisipasinya,,

download Formulir Pendaftaran LKB 2011
http://www.4shared.com/document/zGAekc8A/formulirpendaftaran.html

download Jukalak  LKB 2011
http://www.4shared.com/document/LA3By5ro/JuklakLKB2011_2.html

info lebih lanjut iut group ini
http://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=1563480815314&id=1484179828&ref=notif&notif_t=feed_comment#!/home.php?sk=group_111257778948859

Sunday, 27 February 2011

Cinta Lingkungan Ala Pramuka

Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Boyolali memiliki cara sendiri untuk belajar mencintai lingkungan. Caranya, dengan menebar benih ikan sebanyak 5.000 ekor di Kali Gede yang mengalir di kawasan Boyolali Kota.

Kegiatan yang digelar Minggu (27/2) diikuti sejumlah pembina dan 60 penegak se-Boyolali. Tak lama kemudian, benih lele yang berada dalam karung plastik ditebarkan langsuing ke sungai, tepat di bawah jembatan. Penebaran tersebut sempat menarik perhatian masyarakat sekitar.

Dirtemui di sela-sela kegiatan, Wakil Sekretaris Kwarcab Pramuka Boyolali, Toto Subagyo mengungkapkan, penebaran benih ikan sebagai bentuk dan tanggungjawab pramuka mencintai lingkungan. Ikan lele sengaja dipilih karena sesuai masukan pihak- pihak terkait relatif lebih tahan terhadap perubahan kondisi air.

"Ini baru awal saja dan diharapkan bisa memancing keinginan masyarakat untuk turut mencintai lingkungan. Misalnya tidak menangkap ikan menggunakan racun atau strom," ujarnya.

Senada, Humas Kwarcab, Sutarmin menambahkan, kegiatan ini akan ditindaklanjuti hingga tingkat Kwartir Cabang (Kwaran) atau di tingkat kecamatan. Dengan demikian, akan semakin banyak lagi anggota Pramuka yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung.

Selain, itu, kegiatan yang terkait dengan HUT Boden Powell tahun 2011 juga diisi dengan sejumlah kegiatan lain seperti, gerakan kebersihan lingkungan dengan mencabut paku di pohon turus jalan. Pramuka juga diajak untuk berperan serta melakukan penanaman pohon.

"Utamanya di lahan miring atau tebing sungai untuk mengantisipasi terjadinya longsor," katanya.

Wednesday, 23 February 2011

Pramuka Sumut Butuh Revitalisasi

Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) di Sumatera Utara (Sumut) mendesak untuk direvitalisasi agar mampu melahirkan kader yang mampu diandalkan. Hal itu dikemukakan Pembina Gugus Depan (Gudep) Pramuka Kantor Gubsu, Linda Sinaga, menanggapi sosok yang tepat untuk menjadi Ketua Kwartir Daerah Sumut (Kwardasu) periode 2011-2016.

"Sumut butuh sosok yang mampu melakukan perubahan positif dan berkompeten, serta berbasis Praja Muda Karana untuk membina Pramuka agar lebih baik di masa mendatang," tegas salah seorang pelatih di Kwarcab Kota Medan ini, di kantor Kwardasu, kawasan Jalan Maulana Lubis Medan, selasa (22/2).

Ia menilai, selama ini banyak pembina pramuka di sekolah yang serba "instan”. Kondisi itu mengakibatkan kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan minim peminat. Sebagai bukti, kata Linda, pembina pramuka di sejumlah sekolah mayoritas bertugas rangkap sebagai guru olahraga atau guru BP. Padahal, seorang pembina Pramuka harus pernah mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD) dan pendidikan lanjutan.

Pihaknya berharap, ada figur yang mampu membawa Gerakan Pramuka Sumut ke arah lebih baik di masa mendatang. "Untuk saat ini, kami percaya kepada sosok Brigjen Pol (purnawirawan) Raziman Tarigan SH sebagai calon Ketua Kwardasu yang mampu membawa Gerakan Pramuka Sumatera Utara lebih baik lagi di masa mendatang," tegasnya.

Linda beralasan, Raziman Tarigan memiliki pengalaman mumpuni di bidang Praja Muda Karana. Selain pernah bertugas di Poldasu, Waka Polda Metro, Waka Polda Papua dan Waka Poltabes Kota Medan, ia merupakan salah seorang pemimpin PT Supra Bara Energi dan pemilik yayasan Primbana Medan. Tak hanya itu, Raziman Tarigan sempat menjabat Waka I Mabika Saka Bhayangkara Jakarta Raya dan kini terdaftar sebagai anggota Dewan Kehormatan Gudep 07889-078890 Pangkalan sekolah Primbana Medan.


”Kami percaya sosoknya memiliki berdedikasi tinggi untuk bisa memajukan pramuka di Sumut, sehingga mampu mengayomi pembinaan baik di gugus depan, kwartir, kwarcab sampai di kwardasu,” sebutnya.

Hal senada dikemukakan seorang Pramuka Pandega, Ahmad Husin. Menurutnya, Raziman Tarigan tergolong sosok karismatik dalam memimpin. "Kaum muda selaku ujung tombak pramuka membutuhkan sosok yang energik dan potensial untuk melaksanakan revitalisasi gerakan pramuka, khususnya di Sumut,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Raziman Tarigan yang dikonfirmasi Global menyambut positif atas kepercayaan sejumlah kader pramuka itu. Pasalnya, pendidikan pramuka merupakan proses pengaderan untuk menjadikan seseorang lebih berkualitas, sebelum diterjunkan di masyarakat. "Saya siap mengemban amanah itu jika dipercaya memimpin Kwardasu untuk periode lima tahun ke depan," tandasnya.

Monday, 21 February 2011

Pesanan dari Moro


Terima kasih kepada kak Aditya Pahlevi dari Moro-Kepri atas pesanan produk loreng Pramuka kedai Pramuka Scout Addict, semoga berkenan. Kami juga mohon maaf tidak bisa memberikan hasil bordir yang memuaskan, mungkin kali ini kurang keberuntungan kami karena tidak bisa memberikan yang terbaik. semoga dapat terus bekerjasama

Sunday, 20 February 2011

Sesap Dicanangkan Jadi Desa Pramuka

Kendati usia Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kepulauan Meranti baru berusia satu tahun lebih, namun prestasi yang diraihnya di dunia kepramukaan patut diacungkan Jempol. Diantaranya, mulai tahun 2011 ini Kwarcab akan mencanangkan Desa Sesap sebagai Desa Pramuka pertama di Kabupaten Kepulauan meranti bahkan di Provinsi Riau. Hal itu diungkapkan Wakil Bupati kepulauan Meranti sekaligus sebagai Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Kepulauan Meranti, Drs H Masrul Kasmy Msi, dalam temuramahnya bersama Ka Kwarda 04 Gerakan Pramuka Provinsi Riau, Kamis (17/2) di Bumi Perkemahan Rumbia Berduri Jalan Dorak, Selatpanjang.

“Insya Allah, kami akan mencanangkan Desa Sesap yang berada di Kecamatan Tebing Tinggi sebagai Desa Pramuka pertama di Kepulauan Meranti bahkan mungkin di Provinsi Riau, kami menilai kondisi Bumi Perkemahaan Rumbia berduri yang ada di kawasan Jalan Ddorak ini lokasinya belum memadai. Untuk itu kami sudah menyediakan lahan untuk bumi perkemahaan yang baru di Desa Sesap tersebut seluas 4 hektar,” ujar Masrul Kasmy.

Dalam ramah tamah Keluarga Besar Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kepulauan Meranti bersama Rombongan Ka Kwarda 04 Gerakan Pramuka Riau tersebut, Masrul Kasmy, mengakui kendati pihaknya senantiasa aktif mengikuti berbagai kegiatan Pramuka baik ditingkat daerah, provinsi maupun di tingkat nasional. Namun hingga saat ini masih banyak terdapat kelemahan dan kekurangan terutama dari segi sarana dan prasarana.

“Untuk itulah, dalam kesempatan ini kami memohon bimbingan dan arahan serta bantuan dari pihak Kwarda Gerakan pramuka Provinsi Riau untuk dapat membantu agar perkembangan pramuka di meranti lebih maju dan berdaya guna bagi kehidapan masyarakat terutama bagi generasi muda,” harap Masrul Kasmy, yang juga Ketua Umum KONI Kabupaten Meranti ini.

Sementara itu, Ka Kwarda 04 Gerakan Pramuka Riau, Hj Septina Primawatu Rusli Zainal, dalam sambutannya secara jujur merasa salut dan berterimakasih kepada keluarga besar gerakan Pramuka Kabupaten kepulauan meranti dan kepada pemerintah daerah setempat yang telah memberikan perhatian penuh terhadap kemajuan dan pergerakan pramuka di daerah ini.

“Terus terang saja, saya selaku ketua Kwarda gerakan Pramuka Riau, merasa bangga dengan dicanangkan Desa Sesap Sebagai Desa Pramuka Pertama di Riau, mudah-mudahan renccana dan niat baik ini akan terwujud dan diredhoi oleh Allah SWT,” harap Septina Primawati.

Sumber : Dumai Pos

Muspanitera Kota Kediri 2011

Dalam menutup masa tugas periode 2006-20011, maka Dewan Kerja Cabang (DKC) Kota Kediri menyelenggarakan Muspanitera Cabang 2011. Kegiatan ini di selenggarakan hari ini tanggal 20 Pebruari 2011 bertempat di Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Kota Kediri.

Muspaniterra 2011 dibuka oleh Kakwarcab yaitu kak Maki Ali dan di ikuti oleh utusan dari Ambalan serta Dewan Kerja Ranting se-Kota Kediri.

Di akhir Muspanitera diperoleh hasil untuk kepengurusan periode mendatang, yaitu Kak Prasetya Budi sebagai Ketua DKC, dan Kak Nadya sebagai wakil DKC

Saturday, 19 February 2011

Ikat Pinggang Sabuk Pramuka, Sabuk Saka, Kopel, Dahriem

Ikat Pinggang 
Logo Gerakan Pramuka (Timbul)
Bahan   : Kuningan Murni, Nilon  halus
Lapisan Mikron, jangan di braso cukup dilap kain halus
Rp. 23.000




Ikat Pinggang 
Logo Gerakan Pramuka (Motif)
Bahan   : Kuningan Murni, Nilon  halus
Lapisan Mikron, jangan di braso cukup dilap kain halus
Rp. 33.000

Saka Wirakartika
Bahan   : Kuningan Murni, Nilon  halus, dilapisi fiber
Panjang 110cm
Harga  Rp. 28.000




Saka Bakti Husada
Bahan   : Kuningan Murni, Nilon  halus, dilapisi fiber
Panjang 110cm
Harga  Rp. 28.000

Saka Wirakartika
Bahan   : Kuningan Murni, Nilon  halus, dilapisi fiber

Harga  Rp. 28.000





Kopel Gerakan Pramuka
Harga Rp. 35.000
Panjang 110 cm

Kopel Jordan
Harga IDR. 22.000
Panjang 110 cm




Dahrim
Model H
Harga IDR. 22.000



Friday, 18 February 2011

Sosialisasi Saka Wirakartika di SMAN 88 Jakarta Timur

Perwira Seksi Intelijen Batalyon Kavaleri 7/Sersus Kapten Kav Jacky Yudhantara memberikan sosialisasi tentang Pramuka Saka Wira Kartika di SMAN 88 Kelurahan Baru Jakarta Timur, Jumat (18/2). Dihadiri 100 siswa beserta guru SMUN 88 Kelurahan Baru. Dalam rangka untuk mengembangkan dan meningkatkan kepramukaan sekolah yang berada di Sektor Pembinaan Teritorial Yonkav 7/Sersus.

Komandan Batalyon Kavaleri 7/Sersus Letnan Kolonel Kav Ferry Firmansyah adalah alumnus SMUN 88 angkatan pertama tahun 1989. Tujuan diadakannya sosialisasi Pramuka Saka Wira Kartika ini bertujuan untuk meningkatkan Kesadaran Bela Negara melalui pengetahuan dan keterampilan dibidang matra darat sebagai Patriot Bangsa yang Setia Berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur Bangsa dan tetap menjaga keutuhan NKRI.

Para siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan penyuluhan sosialisasi Pramuka Saka Wira Kartika dengan penuh semangat dan banyak pertanyaan dari siswa sehingga kegiatan terasa hidup dan merupakan materi baru yang belum pernah didapat oleh para siswa di sekolahi yang kelak akan ditumbuh kembangkan 1 x pertemuan setiap bulannya.

sumber : poskota.co.id

Pesanan dari Karo sumut

Terima kasih kepada kak Syahlan Dani dari Kabupaten Karo Sumatera Utara yang telah memesan Aksesoris Pramuka di Kedai Pramuka Online, semoga berkenan serta kami tunggu pemesanan selanjutnya

Pesanan dari Kak Dimas Kota Malang


Terimakasih kepada kak Dimas dari Kota Malang yang telah memesan produk Kedai Pramuka Online "Scout Addict" semoga berkenan serta kami tunggu pesanan selanjutnya

Wednesday, 16 February 2011

Pesanan dari Blitar


Terimakasih kepada kak Adi dari Blitar yang telah memesan produk loreng Pramuka Kedai Pramuka Online Scout Addict. Semoga berkenan serta kami tunggu pemesanan selanjutnya.

Jika ada keterlambatan silahkan cek lewat no pengiriman yang kami sms kan

Mohon Maaf Kepada Kak Sofyan dari Pringsewu Lampung


Kami dari Kedai Pramuka Online Scout Addict memohon maaf kesalahan kirim satu item pesanan kak Shofya Nur H dari Pringsewu Lampung. Maka untuk itu kami kirimkan tanda jabatan pembantu pembina penggalang sesuai pesanan kakak, Mohon maaf atas kurang telitinya kami. Semoga dapat terus bekerjasama

Sunday, 13 February 2011

Gus Ipul-Iwan Fals-Pangdam Tanam Pohon Bareng

Musisi legenda Indonesia Iwan Fals bersama Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Gatot Nurmantiyo melakukan penanaman pohon bersama di lapangan Makodam V/Brawijaya, Minggu (13/2/2011) sore ini.

Acara ini dalam rangka memperingati dua tahun kepemimpinan Gubernur Soekarwo-Gus Ipul (Karsa) memandu Jatim. Nanti malam acara yang bertemakan 'Satu Pramuka untuk Satu Indonesia' dilanjutkan dengan konser yang menghadirkan Iwan Fals, band ST12 dan pelawak Kartolo.

Masyarakat sekitar yang mengetahui ada artis Iwan Fals pun berduyun-duyun mendatangi lokasi penanaman pohon.

Seusai penanaman, Iwan Fals kepada wartawan mengatakan, penanaman pohon sangat penting untuk kehidupan. Selain itu, pohon juga bisa mengatasi krisis energi dan permasalahan anomali iklim di Indonesia.

"Terimakasih saya sudah diundang Jatim untuk menanam pohon d lapangan Makodam V/Brawijaya ini. Saya kalau ke Surabaya itu ingat pahlawan dan kenjeran," katanya singkat kepada wartawan.

Pangdam Mayjen Gatot meminta upaya penanaman pohon tidak hanya sekadar seremonial belaka, tapi harus berkesinambungan dan dipelihara. "Saya juga minta ada audit pohon yang sudah ditanam, yang bisa hidup berapa dan yang mati berapa," tegasnya.

Sumber : beritajatim

Saturday, 12 February 2011

Kwarcab Pramuka Sawahlunto gelar Raker

SAWAHLUNTO- Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka kota Sawahlunto menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) di aula dinas pendidikan kota ini, Sabtu (12/02)

Wakil Ketua Kwarcab Purwandri mengatakan, digelarnya rakercab, yang merupakan agenda tahunan ini,merupakan implementasi terhadap beberapa program pembinaan yang akan dilaksanakan pada tahun kegiatan ini. “Sebelumnya, sudah digelar Sidang Paripurna cabang pramuka penegak pandega yang dilaksanakan oleh Dewan Kerja Cabang (DKC)” katanya kepada padangmedia.com disela-sela kegiatan ini.

Melalui rakercab inilah, sebut Purwandri, masing-masing kwarran kecamatan dan bidang di jajaran kwarcab akan memaparkan serta merumuskan program pembinaan dan pengembangan kepramukaan dikota ini.Disamping itu, juga akan dipaparkan persiapan kwarcab dalam mengikuti beberapa kegiatan daerah, nasional dan internasional.

Namun secara mendasar, pada tahun ini kegiatan dan program kerja kerja dititikberatkan kepada pembinaan Gugus Depan (gudep) terhadap pelaksanaan pembinaan peserta didik, karna digudeplah pangkalan pembinaan peserta didik.

"Sasaran kita adalah memotivasi pramuka Siaga yang sasarannya peserta didik usia dini atau sekolah dasar serta lebih menggerakkan kegiatan pramuka Penggalang. Kegiatan Bazar Siaga, Gladian Pimpinan Regu serta kegiatan pramuka Penegak” ungkap Wakil Ketua Bidang Bina Muda ini.

Disamping kegiatan interen, sebutnya, pada tahun ini kwarcab juga akan ikutserta pada kegiatan nasional yang telah diprogramkan Kwarnas, seperti perkemahan satuan karya bakti husada, di Gorontalo, perti saka Bhayangkara di Semarang dan Jambore Nasional di Sumatra Selatan.

Sementara untuk program yang lalu, masih tetap dilanjutkan seperti Karang Pamitran, Jambore On The Air dan Jambore On The Internet, Bulan Amal Bakti Ramadhan dan pencapaian Tanda Kecakapan Umum (SKU) menuju pramuka Garuda dimasing-masing tingkatan

Thursday, 10 February 2011

Bendera Pramuka, Bendera Satuan Karya, Bendera Sangga




Bendera Saka Wirakartika

Harga RP. 50.000

Bendera Saka Bayangkara

Harga RP. 50.000

Bendera Saka Pariwisata
Harga RP. 50.000




Bendera Saka Wana Bakti
90 x 115 cm
Harga  IDR. 40.000



Bendera Saka Kencana
Harga RP. 50.000






Bendera Saka Kalpataru

Harga RP. 50.000





Bendera Saka Widya Budaya Bakti

Harga RP. 50.000



Bendera Saka Dirgantara


Harga RP. 50.000




Bendera Saka Bakti Husada


Harga RP. 50.000






Bendera Saka Bakti Husada


Harga RP. 50.000




 

Bendera Saka Bahari


Harga RP. 50.000



Bendera Tunas

90x120 Harga IDR. 23.000
60x90   Harga IDR. 13.000


Bendera WOSM

90x120 Harga IDR. 23.000
60x90   Harga IDR. 13.000





Bendera Morse
Ukuran 60 x 90 cm
Harga IDR. 15.000







Bendera Latihan
Ukuran 80 cm x 110 cm
Harga IDR.25.000





Bendera Sangga
Ukuran 40 cm x 30 cm
Harga IDR. 10.000

Konser 2 tahun Pakde Karwo dan Gus Ipul Memandu

Dalam memperingati 2 tahun Pakde Karwo dan Gus Ipul Memandu Jawa Timur, maka akan diadakan konser yang di meriahkan oleh ST12, Iwan Fals, Kirun, dan Kartolo,dan seniman Jatim lainnya.

Konser Gratis ini akan di selenggarakan di Lapangan MAKODAM V/BRAWIJAYA, pada hari Minggu, 12 Februari 2011. Dimulai pada jam 18.30-22.00 WIB.

Pesanan dari Kota Malang


Semangat Pramuka Kak Candra dari Kota Malang, terima kasih telah memesan Hasduk serta ring Garuda di Kedai Pramuka Scout Addict, Kami tunggu pemesanan selanjutnya

Pesanan dari Pringsewu Lampung


Terima kasih kepada kak Sofyan dari Pringsewu-Lampung atas pesanan atribut Pramuka di Kedai Pramuka Scout Addict, semoga dapat bekerjasama, serta kami tunggu pesanan selanjutnya

Tuesday, 8 February 2011

Pesanan dari Banyuwangi

Terimakasih kepada kak Adi Tama dari Saka Wirakartika Banyuwangi atas pesanannya. semoga dapat terus bekerjasama serta kami tunggu pesanan selanjutnya

Monday, 7 February 2011

Wagub Aceh : Pejabat Jangan Pelit Bantu Pramuka

Wakil Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) Plus Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Aceh, Muhammad Nazar.S.Ag, Kamis (03/02) di Lapangan Pancasila Kabupaten Gayo Lues mengimbau para pejabat agar tetap eksis dalam mendukung kegiatan kepramukaan.

Karena itu, dia (Muhammad Nazar-red) mengharapkan agar para pejabat tidak pelit dalam membantu dana kegiatan Pramuka tersebut. “Pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstra kurikuler di luar sekolah yang berperan penting dalam membangun jiwa generasi muda kita agar lebih mandiri. Di samping itu pramuka merupakan aset generasi muda ProvinsiAceh di masa depan,” kata Nazar.

Dalam pembukaan Kemah Kwarda Regional III itu, Muhammad Nazar menekankan para anggota Pramuka agar tidak terpengaruh dengan pergaulan

bebas yang sekarang ini kian meresahkan masa depan generasi muda Aceh.

“Setiap anggota Pramuka tidak boleh terlibat Narkoba dan hanyut dalam pergaulan bebas yang kini merambah kehidupan generasi kita. Kita boleh berteman dengan turis manca Negara tetapi kita tidak boleh mengikuti kebudayaan mereka yang melanggar hukum syariat islam,” Kata Nazar menambahkan.

Sementara itu Bupati Gayo Lues,H.Ibnu Hasim mengatakan dalam sambutannya, mendukung kegiatan kepramukaan tersebut. Pemerintah kabupaten (Pemkab) GayoLues telah mengalokasikan dana senilai Rp.250 juta.

“Pemkab Gayo Lues tetap akan mendukung kegiatan pramuka ini, karena kegiatanini sangat bermamfaat bagi generasi bangsa. Soalnya, melalui kepramukaan inibanyak terlahir bibit handal,” Kata Bupati singkat.

Sedangkan ketua panitia Drs.Djamaluddin Ilyas melaporkan, dalam kegiatanKemah Seni Budaya regional III kali ini diikuti empat Kabupaten. Yaitu Kabupaten Aceh Tenggara mengirimkan kontingen sebanyak 200 orang, Aceh Tengah 180 orang, Bener Meriah 280, Gayo Lues 84 orang.

Pesanan dari Wates Kab. Kediri

Terima kasih kepada Kak Mahfud dari Wates Kabupaten Kediri yang telah memesan tanda peserta untuk kegiatan perkemahan Pramuka "JAMMIN 2011". Semoga kegiatannya sukses sesuai rencana. Kami tunggu pesanan berikutnya

Friday, 4 February 2011

Perkemahan Pramuka dan Festival Seni dan Budaya Regional II

Kepala Kwarda Pramuka Aceh, Muhammad Nazar, Kamis (3/2) membuka perkemahan pramuka dan festival seni dan budaya regional III, di Blangkejeren, Gayo Lues. Kegiatan itu diikuti peserta dari Gayo Lues sebagai tuan rumah, Aceh Tengah, Aceh Tenggara dan dari Kabupaten Bener Meriah.

Dalam sambutannya, Wagub Muhamad Nazar yang juga Wagub Aceh antara lain mengatakan, perkemahan merupakan sebuah pendidikan luar sekolah. Katanya, gerakan pramuka akan membina anak-anak bangsa sebagai generasi penerus yang hidup mandiri.

Dalam kesempatan itu, kata Muhamad Nazar, melalui gerakan pramuka, para anggota maupun pengurus pramuka jangan ada yang terlibat dengan narkoba. Meskipun Galus selama ini dikenal dengan ibu kota Blangkejeren rawan terhadap tanaman ganjanya. Dengan adanya gerakan pramuka juga memiliki peran penting dalam pemberantasan narkoba tersebut.

Sedangkan Bupati Gayo Lues, Ibnu Hasim mengatakan, bagi sebagian masyarakat Gao Lues pramuka merupakan sebuah perkumpulan dan mengangap hanya sebuah hura-hura belaka. Padahal, kegiatan tersebut merupakan suatu kegiatan yang sangat positif.

“Melalui perkemanahan ini pikiran negatif tersebut harus dapat dihilangkan dari segelintir masyarakat itu,”sebut Ibnu Hasim. Diminta, agar ke depan para peserta pramuka terus menjadi anak mandiri serta mampu menghadapi perkembangan global.

Sementara ketua panitia, Djamaludin Ilyas mengatakan, kegiatan perkemahan dan kebudayaan seni yang berlangsung di Buntul Nege Blangsere, Kecamatan Kuta Panjang, hingga tanggal 7 Febuari mendatang itu diikuti 1.870 peserta. Disampaikan, dalam perkemahan tersebut akan dimeriahkan dengan acara pentas budaya, lomba kuliner, pameran, pemilihan ratu dan raja, perlombaan tari saman Galus melawan tari saman dari Agara, kemudian acara didong tepuk dari Takengan (Aceh Tengah) berlawan dengan Kabupaten Bener Meriah.

Pengukuhan Pengurus KIG
Dalam kunjungan kerja ke Gayo Lues, Muhamad Nazar, yang juga selaku ketua Badan Narkotika Provinsi (BNP) Aceh, Rabu (3/2) juga telah mengukuhkan pengurus Kelompok Informasi Gampong (KIG) di Desa Badak, Kecamatan Dabun Gelang, Gayo Lues. “Galus masih dikenal dengan tananam ganjanya, untuk itu saya minta warga agar meninggalkan penanaman ganja mengganti dengan tanaman lain tanaman sere, dan jagung,”pinta Muhamad Nazar.

Ditegaskan, para pengurus KIG yang baru dikukuhkan tersebut merupakan ujung tombak dalam pemberantasan narkotika tingkat gampong maupun di kecamatan. Bila perlu agar mengawasi pergerakan setiap masyarakat yang keluar masuk ke setiap gampong itu.

Sedangkan Bupati Galus, Ibnu Hasim mengatakan, Gampong Badak ditunjukan sebagai desa KIG tahun ini, karena tersebut yang terbaik dari jumlah desa yang ada di Galus. Sementara Kalakhar BNK Galus, AKP Masri mengatakan, KIG merupakan gerakan dari Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Galus. Katanya, belum lama ini, BNK telah melakukan tes urin kepada sejumlah masyarakat di Kecamatan Dabun Gelang untuk mengetahui apakah masyarakat itu mengunakan narkoba, atau tidak.

Dikatakan, salah satu tujuan pembentukan KIG tersebut, agar bisa melakukan pemberantasan narkotika di tingkat gampong, baik pemberantasan peredaran, pengelapan, pengunaan serta penyeludupan maupun memproduksi narkotika tersebut.

Thursday, 3 February 2011

Kegiatan Kwarran Tembilahan

Kwartir Ranting Tembilahan Kwarcab Indragiri Hilir tanpa henti terus melakukan sejumlah kegiatan dalam berbagai kesempatan untuk menyemarakkan kepramukaan di daerah yang dikenal dengan seribu parit itu. Pada hari Minggu (6/2/11) akan digelar lomba untuk Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak.

Ketua Kwartir Ranting Tembilahan Indrawansyah Syarkowi dari Ibukota Kabupaten Indragiri Hilir Tembilahan melalui facebook, Selasa malam (1/2/11) melaporkan bahwa dalam Rangka memeriahkan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Kwartir Ranting Tembilahan hari minggu, 6 feb 2011 di Mesjid Yamp Tembilahan akan melaksanakan Lomba untuk Pramuka Tingkat Siaga, yakni, Lomba Da'i Cilik, Kaligrafi & Hafalan Ayat-2 Pendek.

Sedangkan Untuk Tingkat Penggalang akan dilaksanakan Lomba Adzan/Iqamah & Lomba Shalat Subuh Berjama'ah. Sementara itu untuk Tingkat Penegak di tempat yang sama dilakukan Lomba Memandikan Jenazah & Lomba Shalat Jenazah.

Pada awalnya kegiatan ini akan digelar di masjid Agung Tembilahan yang cukup megah itu, namun sayang, karena ada kegiatan rutin IPHI pada hari yang sama, maka dipindah ke masjid yang lain, namun tetap dalam semangat kebersamaan dan kemajuan Gerakan pramuka di Tembilahan.

"kegiatan ini merupakan syiar maulid dan mengarahkan anak-anak kita kepada kegiatan yang positif sekaligus menyemarakan kegiatan kepramukaan dikalangan Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak", kata kak Indrawansyah

Namun yang jelas, kegiatan semacam ini merupakan kegiatan positif bagi generasi muda kita dalam upaya memberikan sesuatu yang bermakna bagi mereka untuk masa yang akan datang.

Sumber : kwarda riau

Wednesday, 2 February 2011

Pejabat Pemprov Masuk Susunan Kwarda Jatim

Puluhan pejabat pemerintahan dari Pemprov Jatim masuk dalam susunan kepengurusan Kwarda Pramuka periode 2011-2015. Di antaranya, Gubernur Jatim Dr H Soekarwo sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida), Wakil Gubernur Jatim Drs H Saifullah Yusuf sebagai Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jatim, dan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Nurwiyanto sebagai Ketua Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwarda Jatim.

“Walau banyak pejabat struktural Pemprov Jatim masuk dalam struktur kepengurusan mabida atau kwarda itu tak akan menjadi masalah. Yang pasti jabatan baru itu adalah tugas baru yang harus dijalankan. Ini di luar tugas kedinasan,” ujar Pakdhe Karwo, sapaan Ketua Mabida, usai melantik Ketua Kwarda Jatim di Gedung Negara Grahadi, Selasa (1/2).

Selain Gubernur, Wagub dan kepala BPKAD, dari pantauan JNR juga terdapat beberapa pejabat eselon II yang mengikuti prosesi pelantikan, seperti Kepala Dinas Kominfo Jatim Drs Sujono MM, Kepala BPBD Jatim Siswanto, Kepala Dinas Pariwisaya Jarianto, yang masuk dalam susunan anggota Mabida Jatim. Untuk posisi Wakil Ketua Mabida diisi oleh sejumlah pimpinan Muspida Jatim, seperti Kapolda Jatim Irjen Pol Badrodin Haiti, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Gatot Nurmantiyo, Kajati Jatim M Farella, dan Pangarmatim Laksamana Muda TNI Bambang Suwarto. Sementara mantan Ketua Kwarda periode 2006-2010 yang kini menjabat Wakil Ketua DPRD Jatim diserahi tugas oleh Pakdhe Karwo sebagai Wakil Ketua Mabida bersama jajaran Muspida.

Sedangkan di jajaran pengurus Kwarda Jatim, Wakil Ketua sebagai Ketua Harian dipegang oleh Dr H Rasiyo yang kini juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Jatim. Wakil Ketua Harian sekaligus Wakil Ketua Bidang Administrasi dan Manajemen dijabat AR Purmadi yang periode sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Bina Anggota Dewasa.

Sedangkan Waka Bina Anggota Dewasa dijabat oleh Bambang SW yang sebelumnya menjabat Sekretaris Kwarda Jatim. Untuk Wakil Ketua Bidang Bina Anggota Muda tetap akan dijabat Ir Singgih Setyo Sayogo dan Wakil Ketua Bidang Humas dan Abdi Masyarakat yang sebelumnya dijabat Dra Ari Wardianti MSi kini dipegang oleh Kabid Pengendalian Penyakit dan Masalah Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Pemprov Jatim, dr Budi Rahayu mewakili Saka Bhakti Husada.

Pelaksanaan pelantikan juga dihadiri ketua Kwarnas Gerakan Pramukia, Prof Dr dr Azrul Azwar MPh. Azrul datang juga untuk melantik Soekarwo dan jajarannya di Mabida Jatim. Sedangkan pelantikan pengurus Kwarda, Lembaga Pemeriksa keuangan Kwarda Jatim, dan Dewan Kerja Jatim dipimpin oleh Pakdhe Karwo.

Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf mengatakan, sebetulnya secara pribadi ia belum siap dengan jabatan yang baru ini, sebab jabatan yang baru saja diterima ini bebannya sangat berat untuk diemban. “Mengapa saya berkata begitu, karena selama lima tahun lamanya Kwarda yang dipimpin Kak Soenaryo sangat baik dan bagus. Yaitu sebagai Pramuka terbaik Nasional di Indonesia. Itulah, alasannya mengapa saya mengatakan bahwa jabatan ini bebannya sangat berat. Apakah saya mampu membawa dan membimbing pramuka Jawa Timur 5 tahun kedepan kearah yang lebih baik di segala bidang. Tetapi, karena desakan dan dorongan dari bapak Gubernur serta kakak-kakak pembina yang lain mengatakan siap membantu dan bersama- sama membangun Jatim lewat pramuka agar Jatim menjadi lebih baik. Maka, saya siap dan bersedia,” tegasnya.

Selanjutnya Gus Ipul mengatakan, lima tahun ke depan merupakan kebangkitan Pramuka Jatim. Untuk itu, pihaknya akan berupaya terus berpikir dan mencari model-model serta inovasi baru, kemasannya pun harus baru. Karena situasinya sudah berbeda dan tidak sama sehingga semangat kepramukaan atau gagasannya harus mengena dengan pola pikir anak sekarang.

LOSIPRAM XIV 2011

LOSIPRAM XIV
REGIONAL JAWA TIMUR

Lomba Prestasi Kepramukaan XIV disingkat LOSIPRAM XIV merupakan suatu ajang bergengsi bagi pramuka golongan penegak (SMA dan sederajat) diwilayah Regional Jawa Timur untuk berkompetisi dan berkreasi, yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Pangkalan Universitas Brawijaya.

Lomba Prestasi Kepramukaan (LOSIPRAM)XIV Regional Jawa Timur tahun 2011 ini berbentuk perkemahan yang didalamnya diadakan perlombaan keterampilan, ketangkasan dan kecerdasan serta pemberian materi kepada anggota Gerakan Pramuka Penegak Regional. Jenis- jenis lomba dan non lomba tersebut meliputi :

a). LOMBA
1. LINMED (LINTAS MEDAN)
2. CTP ( CERDAS TANGKAS PRAMUKA )
3. POSTER
4. TTG (TEKNOLOGI TEPAT GUNA
5. PIONEERING
6. PENTAS SENI
7. LOMBA SURVIVAL
8. LOMBA FOTO JURNAL
9. KREASI MENU
10. LOMBA PUISI
11. Tata Laksana Tenda


b). NON LOMBA

1. Anjungan Kewirausahaan
2. Kursus Fotografi
3. Jungle Survival & Snake Hunt Course
4. Workshop Kesehatan Reproduksi Remaja
5. Kegiatan Penghijauan
6. Outbond
7. Materi Ilmu Medan dan Kompas (IMPK)
8. Materi Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD)
9. Pendidikan Pendahuluan Bela Negara
10. Dialog Kepramukaan
11. Mountaineering
12. Forum Pembina
13. Fun Target Shooting (untuk pembina)
14. Pemutaran Film Pendidikan

Kegitan ini diselengarakan :

Hari : Rabu - Minggu
Tanggal : 23 – 27 Februari 2011
Tempat : Wana Wisata Coban Rondo, Kec. Pujon, Kabupaten Malang

Peserta :
- Pramuka SMA/SMK/MAN dan sederajat Regional jawa Timur
- Kepanduan Tambahan ( SAKA ) yang ada di Jawa TImur
- Peserta partisifatif ( tambahan ) non Jawa Timur

Dengan ketentuan :
- Setiap sangga max 10 orang peserta ( satuan terpisah )
- Setiap sangga di dampingi 1 pembina ( tidak wajib )
- Setiap pangkalan berhak mengirimkan lebih dari satu sangga / regu

Tema Kegiatan :
" Dengan Pramuka, Bangkitkan Kembali Tunas Harapan Bangsa"

Motto Kegiatan :
" Satyaku Ku Dharmakan, Dharmaku Ku Bangkitkan"

Pendaftaran :
Pendaftaran paling lambat tanggal 16 Februari 2011 pukul 16.00 WIB.

1. Secara Langsung
Sanggar Pramuka Universitas Brawijaya
Sekretariat Bersama Kav. 16 Unibraw
Jl. M.T. Haryono 169 Malang 65145
(0341) 568949

2. Via Pos

Formulir, Biodata, dan Buktri pembayaran dari bank dikirim ke alamat diatas.

BANK MANDIRI
No. Rekening 1310007360110
Atas nama Bayu Muhamad Ramdan

Catatan :

Bagi peserta yang melakukan pembayaran melalui transfer rekening harap konfirmasi ulang dan menyerahkan copy bukti transfer ke panitia pada waktu daftar ulang

Informasi lebih lanjut hubungi sanggar Pramuka Brawijaya di 0341-568949
atau CP : Gufron 0857 1048 4353

Biaya Pendaftaran :
Rp. 400.000,- per sangga

Penting :
Berikut ini merupakan berkas yang harus di download, software pendukung Microsoft word 2007