Tuesday, 7 August 2012

Bekali Manajemen, Kwarran Jatinegara Gelar PPDK

JATINEGARA - Meski dalam suasana puasa Ramadhan,bukan menjadi halangan bagi Pramuka untuk melakukan aktifitas kegiatannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Gerakan Pramuka Kwarran 11.28.13 Jatinegara melalui Dewan Kerja Ranting (DKR) yang menggelar kegiatan Pelatihan Pengelolaan Dewan Kerja dan Dewan Ambalan (PPDK)guna membekali pengetahuan tentang manajemen Organisasi.

Kegiatan yang diikuti 57 Pramuka Penegak dan Pandega tersebut, berlangsung selama dua hari yakni Sabtu, (4/8) dan Minggu, (5/8) di Aula UPTD Dikpora Kecamatan Jatinegara.

Mereka yakni berasal dari anggota Dewan Kerja Ranting (DKR) Jatinegara dan Dewan Ambalan dari 4 Pangkalan se Kwarran Jatinegara yaitu SMA Ma'arif NU Jatinegara, MA Al - Ikhlas Cerih -Jatinegara, SMK Ma'arif NU 01 Jatinegara dan SMK Grafika.

Ketua DKR Jatinegara, Puji Aripin mengatakan pelatihan dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan tentang pengelolaan manajemen dan organisasi bagi Pramuka Penegak dan Pandega khususnya organisasi Dewan Kerja dan Ambalan.

"Dengan PPDK ini, diharapkan teman - teman penegak akan terlatih dalam mengelola organisasinya, minimal di pangkalan masing - masing," katanya.

Selain itu, kata Puji, mengambil momentum bulan suci Ramadhan juga sekaligus untuk mempererat tali persaudaraan dan silaturahim sesama anggota Pramuka di Kwarran Jatinegara.

"Meski puasa, kita sebagai pramuka tetap semangat dalam kegiatan. Mudah - mudahan forum ini juga akan lebih menambah silaturahim," ujarnya.

Ketua Kwarran 11.28.13 Jatinegara Kadar Tri Mulyo, S.Pd menyambut baik dan sangat mendukung digelarnya PPDK bagi pengurus DKR dan Dewan Ambalan. Karena pelatihan tersebut sangat bermanfaat dalam melatih Penegak dalam berorganisasi yang baik.

"Saya menyambut baik dan mendukung kegiatan ini, mudah - mudahan dapat diambil manfaatnya," ungkapnya didampingi Sekretaris Mabiran, Slamet W.S, S.Pd.SD.

Kadar juga berpesan agar pengurus Dewan Kerja (DKR) tetap mempertahankan kinerjanya khususnya pada kegiatan - kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega di Kwartirnya sehingga kegiatan pramuka di Kwarran Jatinegara akan tetap eksis.

"Pertahankan kinerja Dewan Kerja, seperti saat ini, meski puasa tetap ada kegiatan yang positif yakni PPDK," harapnya.

Beberapa materi pelatihan yang diberikan antara lain Problematika dan etika Dewan kerja / ambalan, manajerial dewan kerja / ambalan. Sementara pemateri dalam pelatihan berasal dari Pengurus DKR Jatinegara dan Pengurus DKC Kwarcab 11.28 Tegal.

Dalam rangkaian kegiatannya juga digelar buka puasa bersama dan sahur bersama antara peserta dengan beberapa pengurus Kwarran dan Mabiran.

0 comments:

Post a Comment