Tuesday, 14 August 2012

Baden-Powell House

Tanggal 14 Agustus adalah Hari Pramuka Indonesia. Untuk mengenal Pramuka di negara asalnya, Inggris, yuk traveling ke Baden Powell-House di London yang didedikasikan untuk pendiri Pramuka, Robert Baden-Powell.

Tepat hari ini, Selasa (14/8/2012) pada 51 tahun silam, pertama kalinya Presiden RI Ir Soekarno menganugerahkan Panji Gerakan Pendidikan Kepanduan Nasional Indonesia kepada organisasi Gerakan Pramuka, demikian dikutip dari situs resmi Gerakan Pramuka. Pada hari itu, lambang pramuka yang bergambar tunas kelapa pertama kali digunakan dalam parade pertama mereka. Dari situlah asal-muasal Hari Pramuka ditetapkan yaitu pada tanggal 14 Agustus.

Pramuka didirikan oleh seorang Letnan Jenderal di Angkatan Darat Inggris bernama Robert Stephenson Smyth Baden-Powell yang bergelar bangsawan Baron. Baden-Powell yang juga seorang penulis, memiliki minat besar untuk membentuk suatu sistem yang mengabdi kepada rakyat yaitu Pramuka. Berkat kegigihan atas mimpinya, Pramuka telah berkembang baik di hampir seluruh dunia.

Baden-Powell House yang ada di South Kensington, London, Inggris menjadi bangunan yang didedikasikan untuk pendiri Pramuka, Robert Baden-Powell. Bangunan yang sering disebut sebagai B-P House merupakan penginapan Pramuka dan pusat konferensi yang bisa digunakan siapa saja, terutama para Pramuka.

Dari situs Visit London, B-P House disebutkan memiliki patung granit Baden-Powell yang dipahat oleh Don Potter. B-P House memiliki 180 tempat tidur dan 8 ruangan konferensi di lantai atasnya.

London - Bangunan bergaya modern ini tidak hanya bisa dijadikan pusat kegiatan Pramuka namun juga memiliki banyak koleksi Baden-Powell. Jika penasaran, Anda bisa melongok pameran The Story of B-P di dalam gedung ini. Ada banyak lukisan B-P yang dibuat beberapa pelukis dan juga surat-surat yang ditulis oleh B-P. Tadinya, B-P House juga memiliki memorabilia Balden-Powell, namun kini sudah dipindah ke markas besar Pramuka di Inggris tepatnya di Taman Gilwell.

Banyak turis yang berkunjung ke sini. Selain karena sejarahnya, gedung ini juga terletak di pusat destinasi yang digemari turis. Natural History Museum, Science Museum, Royal Albert Hall, Victoria and Albert Museum terletak tidak jauh dari B-P House. Anda pun bisa bermalam di sini dengan penginapan yang mengambil konsep hostel. Namun hanya anggota Pramuka saja yang bisa menginap di sini.

Sumber : detik

1 comments:

Post a Comment