Monday, 23 December 2013

Pesta Siaga Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Siak

SIAK -  Asisten Administrasi Umum selaku ketua Harian Gerakan Pramuka Kwarcab 09 Siak H. Jamaluddin membuka Pesta Siaga Kwartir Cabang 09 Gerakan Pramuka Siak Tahun 2013 perdana di Bumi Perkemahan Tengku Buang Asmara di Desa Merempan Kecamatan Mempura, Ahad ( 22-12-2013).

Kegiatan Pesta Siaga Kwartiir Pramuka ini di ikuti oleh seluruh utusan masing-masing kwaran se Kabupaten Siak.

Jamaluddin menyambut baik kegiatan ini dalam rangka untuk pendidikan karakter anak. Gerakan pramuka menurutnya mempunyai tugas pokok melaksanakan pendidikan bagi kaum muda dilingkungan luar sekolah yang melengkapi pendidikan dilingkungan keluarga dan sekolah.

Tujuan membentuk kader bangsa dan sekaligus kader pembangunan yang beriman dan bertaqwa serta berwawasan ilmu pengetahuan teknologi, membentuk sikap dan prilaku yang positif, menguasai keterampilan emosional, social, intelektual dan fisik sehingga dapat menjadi berkepribadian Indonesia, yang percaya kepada kemampuan sendiri, sanggup dan mampu membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan masyarakat, bangsa dan Negara.

Selain itu, dirinya berharap agar seluruh peserta untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat.Salah satu upaya nyata dalam mencapai tujuan Gerakan Pramuka tersebut diatas adalah melalui kegiatan dalam bentuk pesta/bazaar.

"Pesta/bazaar dalam Gerakan Pramuka dijadikan sebagai alat pendidikan untuk membentuk watak dan kepribadian seorang pramuka yang dikemas secara menarik menyenangkan menantang serta kreatif,"ungkapnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut kwartir cabang 09 gerakan pramuka siak pada tahun 2013 mengadakan pesta siaga yang merupakan ajang pertemua bagi pramuka siaga se cabang Siak untuk saling bertemu, berlomba dan menambah wawasan.

Dikatakanya,tujuan dari kegiatan ini adalah adanya wadah bagi pramuka siaga se cabang Siak untuk saling bertemu, bertukar informasi dan membina rasa persaudaraan dalam ikatan persatuan, dan menambah wawasan bagi pramuka siaga. Sasaran antara lain untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kesadaran berbangsa dan bernegara serta rasa percaya diri, tertanamnya nilai-nilai kebudayaan bangsa Indonesia khususnya kebudayaan Melayu.

Kegiatan ini berlangsung selama sehari penuh bertempat di Bumi Pekemahan Tengku Buang Asmara Kecamatan Mempura. Motto kegiatan ini Berani dan Tidak berputus asa dengan tema Melalui Pesta Siaga Cabang Siak Tahun 2013 kita wujudkan Pramuka Siaga yang berani, cerdas, mandiri dan berprestasi. Jumlah peserta keseluruhan sebanyak 196 orang.

Seluruh materi kegiatan bersifat perlombaan, permainan dan penampilan yang terdiri dari lomba hafalan surat pendek dan doa, lomba memasang atribut seragam pramuka, lomba pengetahuan umum, lomba keseimbangan tongkat, permainan melempar kaleng dengan bola, lomba peduli lingkungan, lomba melukis, lomba pentas budaya, lomba baca puisi.

Sumber :  http://mediacenter.riau.go.id/berita-2400-pesta-siaga-kwartir-cabang-09-gerakan-pramuka-siak.html

0 comments:

Post a Comment