Saturday, 30 August 2014

1.420 Kemsa Pramuka di Lapangan Cadika

MEDAN - Walikota Medan, HT Dzulmi Eldin, membuka Kemah Bersama (Kemsa) Pramuka Kota Medan Tahun 2014 di Lapangan Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata Medan, hari ini.

Kemsa yang diikuti  1.420 peserta ini diharapkan menjadi wadah transfer pengalaman dan menghidupkan semangat pendidikan di ruang terbuka. Menurut Walikota, semakin tinggi intensitas pertemuan kepramukaan yang dilakukan, tentunya semakin baik bagi adik-adik pramuka guna mengasah kemampuan yang telah mereka dapatkan di gugus depan selama ini. Di samping itu  semakin mempererat tali persaudaraan diantara  adik-adik pramuka semua serta sebagai bahan evaluasi atas kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan selama ini.

Untuk itulah Walikota selaku selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan, menghimbau kepada seluruh jajaran kwartir ranting se-Kwartir  Cabang Kota Medan agar lebih aktif melakukan kegiatan bersama antar peserta didik. “Mari kita maksimalkan kegiatan kepramukaan  ini dengan terus melakukan pembinaan kepada  adik-adik pramuka,” kata Eldin, hari ini.

Eldin optimis dengan pembinaan yang dilakukan terus-menerus, mampu menciptakan anggota pramuka yang bertanggungjawab, bersemangat, disiplin  dan bermoral positif sehingga mampu mencegah mereka untuk melakukan tindakan-tindakan negatif seperti mengkonsumsi narkoba maupun terlibat geng motor.

Selanjutnya kepada pramuka penggalang dan penegak, Walikota berharap semakin disiplin dalam berkegiatan, sebab disiplin itu merupakan ciri khas anggota pramuka.   Semoga kegiatan-kegiatan  yang dilakukan ini dapat meningkatkan disiplin. “Sekali lagi saya minta kalian tingkatkan disiplin dengan menerapkan dasa darma pramuka,” kata Walikota.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Eldin berpesan selama tiga hari mengikuti kemsa ini agar seluruh aktifitas yang dilakukan di bumi perkemahan ini  untuk terus dianalisa. Hal itu penting sebagai bahan masukan sehingga pelaksanaan kemsa di tahun yang akan datang semakin baik dari segi kualitas kegiatan maupun pelaksanaannya.

Pembukaan Kemsa  ini turut dihadiri  Sekda kota Medan, Syaiful Bahri Lubis, Kapolresta Medan Kombes Pol Nico Afinta, Camat Medan Johor Khoiruddin Rangkuti,  ketua majelis pembimbing ranting se-Kota Medan, pelatih dan pembina pramuka, perwakilan pembina gugus depan serta adik-adik peserta perkemahan bersama. Pembukaan ditandai dengan pemukulan beduk yang dilakukan Wali Kota didampingi Kapolresta. Setelah itu dilanjutkan dengan meninjau lokasi  adik-adik pramuka berkemah.

Sebelumnya  Suryadi selaku Ketua Panitia Kemsa 2014 dalam laporannya mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti kemsa ini 1.420  orang berasal dari  20 kwartir ranting, hanya peserta dari Kwartir  Ranting Medan Amplas yang sampai acara pembukaan ini selesai tidak kunjung datang. Kemudian ditambah lagi dengan 147 orang pembina pendamping dan 20 orang pimpinan kontingen.

Dijelaskan Suryadi, kemsa ini berlangsung 28-31 Agustus. Kegiatan ini dilaksanakan didasari perkembangan kependidikan gerakan pramuka saat ini. Karena itulah diangga perlu untuk tetap melakukan aktifitas pertemuan para pembina serta anggota pramuka golongan penggalang, penegak dan pendega. “Pertemuan para pembina serta anggota pramuka golongan penggalang, penegak dan pendega kali ini diberi nama Kemah Bersama Pramuka kopta Medan Tahun 2014,” jelas Suryadi.

Sumber : http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=334195:1420-kemsa-pramuka-di-lapangan-cadika&catid=14:medan&Itemid=27

0 comments:

Post a Comment