Monday, 11 August 2014

Pramuka Kaltim Dilibatkan Dalam Pariwisata

SAMARINDA -- Provinsi Kaltim menjadi daerah pertama yang melibatkan Pramuka dalam mengembangkan pariwisata. Hal itu ditandai dengan dilaksanakannya Pelantikan Pengurus Majelis Pembimbing dan Pimpinan Daerah Satuan Karya (Saka) Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur Masa Bhakti 2013 - 2016 di kantor Gubernur Belum lama ini.

Ketua Kwartir Daerah Pramuka Kaltim M Hatta Zainal mengatakan, bahwa Saka Pariwisata ini adalah yang pertama kalinya dilantik di Indonesia.

Hatta mengatakan, saat ini gerakan Pramuka memang sedang giat - giatnya melaksanakan program - programnnya dalam rangka memberikan andil bagi masyarakat dan NKRI. Dan sesuai harapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional bahwa mulai tahun 2013 gerakan Pramuka menjadi kurikulum ektraskurikuler wajib di sekolah. Dimana tujuannya, untuk pembentukan karakter anak bangsa dengan kegiatan kepramukaan.

"Sehingga tidak ada alasan di sekolah - sekolah tidak melaksanakan kegiatan kepramukaan," kata Hatta.

Untuk tahun 2014 sendiri kata Hatta akan ada berbagai macam kegiatan yang akan dilaksanakan. Dan dalam waktu dekat ini , gerakan Pramuka Kaltim akan mengadakan Perkemahan Wirakarya (PW) yang dilaksanakan dari tanggal 3 - 8 September di kabupaten Kutai Timur. Dan diperkirakan, PW ini kan diikuti sekitar 1.500 orang. Diharapkan melalui PW ini nantinya, Tri Satya yang satunya mengatakan bahwa fungsi Pramuka membangun masyarakat bisa diiemplementasikan.

"Kegiatan ini dalam rangka untuk memberikan sumbangsih dari adek - adek Pramuka dalam namanya Perkemahan Wirakarya," kata

Juga diharapkan agar kabupaten/kota yang ada di Kaltim juga ikut membentuk Saka Pariwisata di wilayahnya masing - masing.  Dimana menurutnya, pusat kegiatan gerakan Pramuka ada di masing - masing kwartir cabang yang ada di kabupaten/kota. Sesuai hasil Munas lalu kata Hatta, ada 3 Saka baru yang baru dibentuk sehingga total keseluruhan menjadi 9 Saka yang ada di gerakan Kepramukaan. Selain Saka Pariwisata, ada Saka Kalpataru dibawah kordinasi Badan Lingkungan Hidup dan Saka Widya Bhakti dibawah kordinasi Kementrian Nasional.

"Semoga kegiatan Satuan Karya ini akan lebih berkembang lagi. Karena melalui Saka Pariwisata kita juga bisa membantu untuk lebih mempromosikan daerah kita. Baik dari wisata alamnya, wisata kulinernya mau pun kita bisa membentuk para pemandu pemandu wisata," kata Hatta. 

Sumber : http://www.tribunnews.com/regional/2014/08/10/pramuka-di-kaltim-dilibatkan-dalam-pariwisata

0 comments:

Post a Comment