Friday, 8 August 2014

Gus Ipul: Pramuka Harus Dibumikan Kembali

Surabaya – Wakil Gubernur Jatim, Gus Ipul, mengungkapkan Pramuka telah banyak menorehkan prestasi sangat bagus, tapi masih mempunyai PR (pekerjaan rumah) yang harus dilakukan dengan kerja keras untuk membumikan kembali keberadaan Pramuka. Sebab sebagian masyarakat mengerti dan paham bahkan punya perhatian terhadap Pramuka. Hal itu disampaikan saat Halal Bihalal dengan Kwarda Kabupaten/Kota se Jatim, di Kantor Kwarda Jatim Jl Raya Kertajaya Indah Surabaya, Kamis (7/8).

Dikatakan, Jatim sebagai provinsi yang dianggap paling peduli terhadap gerakan pramuka, dan banyak meraih prestasi. Tetapi sebagian masyarakat belum benar-benar peduli, bahkan sebagian besar masih menganggap Pramuka kuno/ndeso, ketinggalan jaman dengan kegiatan tali temali, tongkat, dan sejenisnya. Meski diakui banyak program kegiatan yang bermanfaat dan memiliki nilai luhur seperti gotong royong, kemandirian, dan pendidikan karakter.

“Saya ingin Pramuka menjadi salah satu tempat generasi muda menempa dirinya untuk menjadi pemimpin-pemimpin di masa datang. Banyak contoh tentara, prajurit termasuk Bupati/Walikota yang dulunya pernah menjadi anggotaPramuka. Dengan ikut pramuka ini, seseorang bisa mempunyai nilai plus,” ujarnya.

Sementara itu, KH Agus Ali Mashuri dari Tulangan Sidoarjo dalam tausiyahnya mengatakan, buku adalah jendela dunia. Barang siapa ingin menguasai dunia bacalah. Jangan berharap bisa sukses jika miskin membaca.

Seorang Pramuka sejati harus punya kecerdasan spiritual, dan punya khasanah kekayaan hati. Menurut para pakar psichology, kalau seseorang susah, maka daya ketahanan tubuh menurun. Ketenangan jiwa setengah dari kesehatan, sedangkan setengah lainnya gizi, istirahat cukup, pola makan yang terukur, dan teratur. Tapi kuncinya adalah ketenangan jiwa.

Seorang Pramuka sejati harus tangguh dan punya kecerdasan rasa dan kepedulian/kepekaan sosial, dan merespon lingkungan yang ada. Jangan hanya belajar baris berbaris, nyanyi-nyanyi saja tapi harus bisa membaca lingkungan supaya Jatim bisa menjadi unggul dibanding provinsi lain. Selain itu, seorang Pramuka harus punya kecerdasan emosional, tidak boleh marah.

Sumber : 

0 comments:

Post a Comment