Saturday, 23 August 2014

Inilah Desa Pramuka Satu-satunya di Indonesia

MALANG - Upaya menjadikan Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, sebagai Desa Pramuka tak lepas dari peran besar Bupati Malang Rendra Kresna. Seperti diketahui, Rendra Kresna baru saja meraih penghargaan Melati Gerakan Pramuka dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pekan lalu.

Bahkan, saat ini Lebakharjo menjadi satu-satunya Desa Pramuka di Indonesia. Mulai dari nama jalan di desa tetap berciri khas nama pramuka hingga aktivitas warga setempat juga mendukung aktivitas pramuka.

Kepala Desa Lebakharjo Wiyadi mengatakan, kawasan desa yang dipimpinnya cukup khas. Ini terlihat dari nama-nama jalan yang ada di desa tersebut, memakai nama-nama khas pramuka. Sebut saja, Jl Penggalang Ramu, Jl Siaga Bantu, Jl Saka Bahari, Jl Saka Wanabakti, hingga Jl Siaga Tata.

”Bahkan, di desa kami juga ada rumah singgah Presiden Suharto, yang sering disebut rumah presiden oleh warga masyarakat. Karena rumah tersebut dijadikan tempat singgah Presiden Suharto pada saat ada perkemahan Asia Pasific pada 1978 silam,” jelas Wiyadi seperti yang dilansir Radar Malang (Grup JPNN.com), Jumat (22/8).

Selain itu, kata Wiyadi, Lebakharjo juga pernah meraih juara II lomba lingkungan hidup tingkat dunia, pada 1988. Setelah itu, Lebakharjo juga dipercaya kembali menjadi tuan rumah perkemahan tingkat dunia yang diikuti 38 negara. Yakni, perkemahan Wira Karya (Comdeca) pada 1993. ”Alasan dua kali menjadi tempat perkemahan tingkat dunia, karena kala itu Lebakharjo menjadi satu-satunya kawasan perkemahan tingkat dunia yang dimiliki oleh Indonesia. Dan, sekarang menjadi satu-satunya desa pramuka di Indonesia,” papar dia.

Sumber daya alam yang dimiliki Desa Lebakharjo sangat potensial dan melimpah. Desa ini dikelilingi pegunungan dan tebing, aliran sungai yang jernih, serta hamparan sawah dan pantai. Tak hanya itu, masyarakat desanya yang ramah menjadi faktor pendukung, Lebakharjo sebagai Desa Pramuka. ”Setiap ada kegiatan pramuka maupun perkemahan, masyarakat selalu ikut mendukung suksesnya kegiatan perkemahan tersebut,” ujarnya.

Masyarakat desa, lanjut dia, dari dahulu sudah ikut kegiatan pramuka. Bahkan, sejak sebelum dilaksanakannya perkemahan Asia Pasific. Regenerasi tetap berjalan hingga sekarang, mulai dari tingkat pendidikan. Tanpa disadari, masyarakat yang dahulu ikut pramuka telah mengamalkan Dasa Dharma dan Trisatya Pramuka.

”Kami menunggu dibuatnya keputusan resmi dari kwartir nasional yang menjelaskan secara resmi Desa Lebakharjo sebagai Desa Pramuka,” jelas Wiyadi. Sebab, selama ini belum ada keputusan tentang hal itu serta dibuatnya, tempat perkemahan yang permanen, karena tempat kemah masih berada di perkebunan.

”Jika dibanding dengan Bumi Perkemahan Cibubur, sebenarnya masih mempunyai sejarah perkemahan Lebakharjo. Tetapi dari sarana dan prasana yang memadai untuk perkemahan, masih maju di Cibubur,” terang Wiyadi. Dilihat dari sejarah, Lebakharjo cukup berpotensi menjadi Desa Pramuka

Sumber : http://www.jpnn.com/read/2014/08/22/253275/Inilah-Desa-Pramuka-Satu-satunya-di-Indonesia-

0 comments:

Post a Comment