Saturday, 2 August 2014

25 Pramuka Bantara Uji Kenaikan Penegak

TOMOHON - Gugus Depan Penegak Pangkalan SMA Negeri I Tomohon terus menggalakkan pendidikan kepramukaan. Kegiatan esktra kurikuler wajib di sekolah ini bagi pendidikan dalam implementasi kurikulun 2013. Hal itu dibuktikan dengan terus digelarnya pengujian syarat kecakapan umum, bagi 79 anggota pramuka bantara, Jumat (1/8).

"Kegiatan kepramukaan di Gudep SMANTO terus berkembang dengan pesat, tidak hanya mengisi kurikulum baru, tapi sudah 4 tahun terakhir ini terus membuktikan diri sebagai gugus depan yang aktif melaksanakan pembinaan kepanduan Kepramukaan," ujar Kepala SMA Negeri I Tomohon, Meyta J Tambengi, kemarin.

Sebagai pilot project pendidikan pramuka di Tomohon, pihaknya kini melakukan tahapan pembinaan bagi anggota, misalnya pengujian syarat kecakapan umum (SKU) untuk mendapatkan Tanda Kecakapan Umum (TKU) tingkat pramuka bantara. "Sebagai projek sebanyak 79 anggota, sedangkan 25 anggota bantara akan mengikuti proses kenaikan penegak laksana lewat ujian serta seleksi," ujar Tambengi.

Yongkie Sumual, Pembina Gudep Penegak SMAN I Tomohon menambahkan proses pengujian SKU untuk golongan pramuka penegak Bantara dan Laksana, bermanfaat untuk menjawab semua tuntutuan pendidikan formal dalam pembinaan karakter serta kedisiplinan bagi anak didik. 

"Dengan aktif di kegiatan Pramuka karakter anak didik yang disiplin dan bertanggung jawab akan dengan cepat terbentuk. Sebab, Pramuka mengajarkan anggotanya memanfaatkan waktu dengan benar. Kemandirian anak-anak yang menjadi calon pemimpin dimasa depan juga akan terasah, karena kepemimpinan atau leadership mereka ikut dilatih. Jadi, sejak dini anak-anak harus dibiasakan melakukan kegiatan positif seperti ikut aktif dalam Pramuka,' tukasnya.

Sumber : http://manado.tribunnews.com/2014/08/01/25-pramuka-bantara-uji-kenaikan-penegak

0 comments:

Post a Comment