Monday, 30 June 2014

Peransaka Kwarda Bali 2014

DENPASAR, Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta mewakili Gubernur Bali Made Mangku Pastika meminta pramuka menjadi pribadi penerus perjuangan bangsa dan pendukung pembangunan nasional diberbagai bidang.

Demikian disampaikan pada saat membuka Pertemuan antaar Satuan Karya Pramuka  (Peransaka) Kwartir Daerah Bali tahun 2014, Jumat ( 27/6) di Bumi Perkemahan Margarana Tabanan. Kegiatan ini merupakan program kerja Kwartir Nasional Gerakan Pramuka tahun 2014-2019, dan melibatkan peserta ratusan penegak dan pandega anggota pramuka seBali yang dilaksanakan selama 4 hari 3 malam dari tanggal 26 sampai 30 juni 2014.

Kegiatan ini mengambil tema “Rasa persaudaraan membentuk pramuka yang peduli dengan kelestarian alam” bertujuan untuk membentuk pribadi yang beriman, bertaqwa, berahlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung nilai nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup.

Menurut Ketua Kwarda Bali , I Ketut  Wija, peserta Pernsaka kwartir daerah bali tahun 2014 diikuti 220 peserta, yang terdiri dari 160 penegak dan pandega, 18 pimpinan kontingen, 18 pembina pendamping dan sejumlah peninjau unsur andalan atau pembina dari kwartir cabang sebali. Mereka akan difokuskan pada kegiatan mental, spiritual dan patriotisme, ibadah keagamaan, upacara bendera, olah raga dan kesehatan, ceramah umum, api unggun, pentas seni dan budaya serta penanaman pohon dan kebersihan lingkungan serta sejumlah lomba.

Menurut Wija hingga saat ini, sudah terbentuk 11 satuan karya pramuka tingkat nasional yakni saka taruna bumi yang bergerak dibidang pembangunan pertanian, Saka Wana Bakti yang bergerak dibidang pembangunan kehutanan, saka bakti usaha bergerak di bidang pembangunan kesehatan, Saka Kencana bergerak dibidang pembangunan kependudukan dan keluarga berencana, Saka Bahari bergerak dibidang kelautan dan bahari, saka bayangkara bergerak dibidang kebayangkaraan, Saka Dirgantara bergerak dibidang pembangunan kedirgantaraan, saka wira kartika bergerak dibidang pembangunan bela kartika, saka kalpataru bergerak dibidang lingkungan hidup, saka pariwisata bergerak dibidang pembangunan kepariwisataan, dan saka widya budaya bakti bergerak dibidang pembangunan pendidikan dan kebudayaan.

Pembukaan yang ditandai dengan pelepasan balon Wagub Sudikerta dan diharapkan mampu memberikan motivasi antar saka untuk terus meningkatkan keeratan dalam persaudaraan

Sumber:  http://posbali.com/buka-peransaka-pramuka-wagub-minta-pramuka-jadi-pribadi-patriotik-dan-disiplin/

0 comments:

Post a Comment