Sunday, 22 June 2014

Saka Pariwisata Diminta Dukung Sapta Pesona Wisata

PURBALINGGA - Anggota Pramuka Satuan Karya (Saka) Pariwisata diminta ikut membantu promosi pariwisata di daerah. Saka Pariwisata juga diharapkan ikut mendukung kampanye Sapta Pesona Sadar Wisata khususnya di kalangan generasi muda dan anggota pramuka pada umumnya.
“Bekal pengetahuan tentang kepramukaan, kepariwisataan dan Sapta Pesona Sadra Wisata hendaknya dapat dijadikan pegangan para pengurus dan anggota Saka Pramuka untuk ikut memajukan pariwisata di Purbalingga,” Pesan kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga Drs Akhmad Khotib, M.Pd saat melantik dan mengukuhkan Saka Pariwisata di Bumi Perkemahan Munjuluhur, Minggu (22/6). 
 
Pengurus dan anggota Saka Pramuka berjumlah 50 pelajar yang berasal dari berbagai sekolah di Purbalingga. Mereka sebelumnya menerima pembekalan tentang kepramukaan dan kepariwisataan sejak Sabtu (21/6). Anggota Saka Pariwisata juga mendapat pembekalan langsung ke obyek wisata Sanggaluri Park dan ke Owabong. Usai pelantikan dan pengukuhan, para pramuka juga mengikuti karnaval kegiatan bersih sumber dan ruwat bumi di Owabong (Obyek Wisata Air Bojongsari, Minggu (22/6). 
 
Menurut Akhmad Khotib, dengan dilantikanya anggota pramuka Saka Pariwisata, bukan menjadi akhir kegiatan kemah pariwisata, tetapi justru menjadi awal untuk melangkah menyumbangkan tenaga dan pikiran demi pembangunan kepariwisataan. “Sebagai anggota pramuka Saka Pariwisata, tentunya patut berbangga diri karena bisa menjadi bagian dari generasi muda yang peduli dan berminat mengembangkan sector pariwisata. Sektor pariwisata ini mampu menjadi pengungkit pembangunan sector lainnya dan juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Akhmad Khotib. 
 
Sementara itu Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga, Ir Prayitno, M.Si mengatakan, Saka Pariwisata merupakan wadah pendidikan bagi anggota Pramuka agar mereka dapat membina dan mengembangkan ketrampilan di bidang pariwisata. Dalam Saka Pariwisata ada tiga krida yakni Krida Penyuluh Pariwisata, Krida Pemanduan Wisata, dan Krida Kuliner Wisata.
 
“Ketiga hal yang masuk dalam Saka Pariwisata ini diharapkan dapat mendukung dan ikut mensukseskan program sadar wisata yang berprinsip pada Sapta Pesona Wisata yakni aman, tertib, bersih, ramah, sejuk, indah, dan kenangan terakhir,” kata Prayitno. 
 
Menurut Prayitno,  potensi generasi muda Indonesia sangat besar, program revitalisasi Gerakan Pramuka sejak tujuh tahun belakangan ini telah mengalami peningkatan cukup signifikan dengan makin bertambahnya anggota Pramuka.  Sebagai sarana pendidikan non formal, Gerakan Pramuka sangat tepat untuk membentuk karakter pribadi generasi muda bangsa. 
 
“Kami perihatin dengan perilaku sebagian generasi muda yang memiliki masalah, mulai penggunaan obat terlarang hingga perilaku kriminal, dan kami pikir dengan kegiatan kepramukaan melalui Saka Pariwisata diharapkan dapat menekan tindakan tercela dikalangan generasi muda kita,” ujar Prayitno yang juga Pengurus Andalan Cabang Urusan (Ancu) Kwarcab Gerakan Pramuka Purbalingga ini.

0 comments:

Post a Comment