Friday, 13 June 2014

Pesta Siaga Kwarcab Nunukan 2014

NUNUKAN – Sebagai wadah pengujian keterampilan dan memperkuatkeakraban pramuka Nunukan khususnya tingkatakan siaga, Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Nunukan, meneyelenggarakan kegiatan Pesta Siaga Cabang Tahun 2014 yang dilakasanakan di lapangan sepakbola, Jalan Pelabuhan Kelurahan Nunukan Timur, Kecamatan Nunukan, Kamis (12/6)kemarin.
Pembukaan pesta siaga dibuka oleh Staf Ahli Bupati, Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Rustam, dan diikuti oleh seluruh peserta Pesta Siaga Cabang II.

Melalui pesta pramuka siaga tingkat cabang II ini, Rustam berharap adik-adik pramuka dapat terus melatih disiplin diri, kesadaran berbangsa dan ber-negara, berjiwa nasionlisme dan bertanggung jawab. Dengan demikian, kedepannya adik- adik pramuka siaga mampu hidup dalam kemandirian.
“Bagi sekolah-sekolah yang kegiatan kepramukaannya be-lum aktif, mari kita dorong untuk lebih aktif lagi. Apabila sekolah tersebut belum melakukan pembinaan kepramukaan secara teratur,” ungkapnya.

Rustam menambahkan, de-ngan kegiatan pramuka siaga ini adik-adik dapat terus me-ningkatkan kreatifitas seni dan budaya serta pendidikan non formal seperti di luar keluarga maupun sekolah. Dimana semua tindakan dan langka itu wajib berjalan sesuai dengan tujuan belajar dan sasaran gerakan pramuka yang telah di tetapkan.

Rustam juga berpesan, dalam rangka revitalisasi gerakan pramuka, kedepannya pem-binaan kader-kader pramuka harus tumbuh subur melalui peningkatan kualitas pembinaan di masing-masing gugus depan.

“Oleh karena itu, peningkatan SDM para pembina pramuka, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan akan peningkatan dan pengembangan pembinaan pramuka,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Nunukan, Trisno Hadi mengatakan, salah satu kegiatan yang menarik dilakukan oleh gerakan pramuka, yaitu kegiatan pramuka siaga yang dikemas dalam bentuk pesta, yang didalamnya banyak kegiatan bermain, berlomba dan bernyanyi.

Ia menambahkan, tema pesta siaga cabang II tahun 2014 “Kami bangga Menjadi Indonesia”. “Dari tema dimaksud pesan yang ingin kami sampaikan bahwa adik adik siaga sebagai kaum muda Indonesia harus merasa bangga terlahir di Bumi Indonesia, bangga menjadi putra putri bangsa dan bangga meng-gunakan produk negara sendiri,” jelasnya.

Kegiatan Pesta Siaga Cabang II Tahun 2014 yang dilaksanakan selama satu hari, diikuti sebanyak 328 peserta dari 14 gugus depan se Kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan dan didampingi oleh pembina pendamping 52 orang.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan selama pesta siaga, yaitu berkemah, mencari sahabat dan kegiatan permainan yang dikemas dalam bentuk per-lombaan meliputi IMTAQ, lomba yel-yel, lomba pemasangan kelengkapan seragam pramuka, lomba  keterampilan tali temali, permainan memukul bola, lomba puzlle pahlawan revolusi dan lomba formasi baris berbaris.

Sumber : http://www.korankaltim.com/jalin-keakraban-pramuka-nunukan-gelar-pesta-siaga/

0 comments:

Post a Comment