Friday, 7 February 2014

Bayi Butuh Biaya Berobat, Pramuka Nunukan Buka Dompet Peduli

NUNUKAN -  Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Nunukan membuka Dompet Peduli Gerakan Pramuka Nunukan untuk bayi Aulia Ramadhani  di Desa Mansalong, Kecamatan Lumbis. Bayi yang belum genap berusia setahun itu membutuhkan biaya untuk penyembuhan atresra esofagus post teracotomy, lisasi fistula, esofagostomy dan gastrostomi yang dideritanya.

Saat ini, bayi tersebut harus hidup mengandalkan selang diperut untuk proses pencernaannya.
Ayah pasien, Zainakir, mengakui kesulitan biaya karena harus bolak-balik Jakarta untuk proses pemulihan sang bayi. Belum lagi biaya pembelian susu khusus untuk bayinya, yang tentu membutuhkan dana tidak sedikit.

Pada 30 Agustus 2013, Aulia menjalani operasi tahap pertama di Jakarta. Karena membutuhkan biaya yang besar, Zainakir saat itu hanya mengharapkan bantuan dari sejumlah pihak.

“Waktu ke Jakarta kemarin untuk operasinya ada bantuan dari Malinau seperti Jamkesda. Bantuan dari masyarakat juga,” ujar warga RT 02 Mansalong, Kecamatan Lumbis, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara ini.

Tak hanya untuk Aulia Ramadhani, Dompet Peduli Gerakan Pramuka Nunukan juga untuk membantu warga korban banjir di Kecamaatan Lumbis Ogong, Kecamatan Lumbis, Kecamatan Sembakung dan Kecamatan Sembakung Atulai, serta korban kebakaran di Jalan Hasanuddin, RT 09, Sungai Bolong, Kelurahan Nunukan Utara, Kecamatan Nunukan.

Sekretaris Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Nunukan Ramli mengatakan, warga yang ingin menyalurkan bantuannya melalui Dompet Peduli Gerakan Pramuka bisa dalam bentuk paket sembako, paket peralatan kebutuhan mandi, paket kebutuhan pendidikan, paket pakaian layak pakai. Bantuan bisa diantarkan ke Kantor Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Nunukan, Jalan Teuku Umar, RT 21, Nomor 12, Kelurahan Nunukan Tengah atau menghubungi kontak person 082159223333 atas nama Sabri.

Sementara warga yang ingin berpartisipasi menyumbangkan uang tunai dapat mengirimkan ke Rekening Dompet Peduli Gerakan Pramuka Nunukan Bank BRI Cabang Nunukan Dompet Peduli Gerakan Pramuka Nunukan Nomor Rekening 0627-01-002455-53-4.

Ramli mengatakan, aksi sosial yang dilaksanakan Gerakan Pramuka Kabupaten Nunukan ini didasari  Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 229 tahun 2007 tentang Petunjuk,
 
Penyelenggaraan Hubungan Masyarakat Gerakan Pramuka. Ini dilakukan guna memantapkan jati diri Gerakan Pramuka melalui kode Kehormatannya dan sekaligus sebagai pencerminan anggota Pramuka yang tanggap terhadap permasalahan pada lingkungan sekitarnya. 

Ini merupakan bentuk kepedulian Pramuka terhadap berbagai musibah khususnya yang terjadi Kabupaten Nunukan.

"Ini sebagai bentuk eksistensi dan perhatian Gerakan Pramuka untuk ikut memikirkan permasalahan yang terjadi dimasyrakat baik musibah, kemudian pemasalahan generasi muda dan sebagainya," ujarnya.

Dengan kegiatan seperti ini, para peserta didik maupun Gerakan Pramuka secara kelembagaan lebih menyentuh masyarakat.

"Ini program yang dilakukan Kwarcab Nunukan untuk memfasilitasi atau menyiapkan seluruh kemampuan atau kekuataan yang ada. Pada saatnya, pada saat dibutuhkan dari Dompet Peduli ini, apapun bentuknya yang bisa kita siapkan untuk membantu masyarakat, kita sudah siap," ujarnya

Sumber : http://kaltim.tribunnews.com/2014/02/06/bayi-butuh-biaya-berobat-pramuka-nunukan-buka-dompet-peduli

0 comments:

Post a Comment