Monday, 19 May 2014

Gerakan Pramuka Jangan Mati Suri

SAMARINDA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sejak 2006 silam telah melakukan revitalisasi gerakan pramuka demi mewujudkan bangsa yang berkarakter dan bermartabat. Begitu pula di Samarinda, semua sekolah sudah memiliki gugus depan (gudep) pramuka. “Gerakan pramuka yang ada, diharapkan jangan sampai mati suri. Memang, hampir semua sekolah sudah memiliki gugus depan, tapi jarang melakukan kegiatan kepramukaan. Ke depan, semoga bisa lebih ditingkatkan,” ucap Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Samarinda DR Ibnu Araby. Ibun Araby menyatakan, hal itu melalui Kepala Bidang PNFI Pengembangan Pemuda Olahraga Seni Budaya Ispihani pada pembukaan Lomba Tangkas Terampil I se-Kota Samarinda yang dilaksanakan Kwartir Ranting Sungai Kunjang di SMP 16 Jalan Jakarta, 17-18 Mei.

Selanjutnya Ispihani berharap, melalui kegiatan yang dikemas dalam bentuk Perkemahan Sabtu Minggu (Persami), bisa menularkan virus positif bagi gugus maupun kwartir lainnya agar aktif dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan. “Mari membentuk generasi muda untuk menyiapkannya sebagai penerus pembangunan. Selama ini saya tidak pernah mendengar ada hal negatif di pramuka. Karena patriot pramuka selalu berpegang dengan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka, salah satu bunyinya, Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan,” tegasnya.
 
Sedangkan Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sungai Kunjang Erminawati menyatakan, dalam Dasa Dharma juga anggota pramuka cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. “Dengan dukungan gerakan pramuka, saya yakin bisa cepat mewujudkan sekolah HBS atau hijau, bersih, dan sehat,” ujarnya. Kegiatan yang dihadiri Ketua Mabiran Kecamatan Sungai Kunjang Nurrahmani ini diikuti 45 peserta putra dan 55 peserta putri yang merupakan perwakilan tiap-tiap kecamatan se-Kota Samarinda.

Sumber : http://www.kaltimpost.co.id/berita/detail/74330/gerakan-pramuka-jangan-mati-suri.html

0 comments:

Post a Comment