Tuesday, 27 May 2014

Pramuka Cegah Degradasi Moral

PURBALINGGA – Degradasi (kemerosotan/kemunduran) moral generasi muda jaman sekarang semakin memprihatinkan. Olah karenanya, memerlukan benteng atau penangkal agar tidak semakin jauh dari perilaku yang betentangan dengan nilai-nilai luhur gerakan Pramuka. Dengan kepribadian yang disiplin, beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik serta taat hukum, menjunjung nilai luhur bangsa, gerakan Pramuka harus menjadi garda terdepan untuk membentengi generasi muda dari degradasi moral.

“Untuk itu gerakan Pramuka harus dapat dicintai lagi oleh anak-anak, para generasi muda. Karena dengan itu semua mereka akan terbentengi dari degradasi moral yang semakin memprihatinkan dan bertentangan dengan nilai luhur  Pramuka,” pinta Ketua Mabicab Pramuka Kwarcab Purbalingga, yang juga Bupati Pubalingga Sukento Rido Marhaendrianto.

Dia mengatakan itu saat memberikan sambutan kepada Tim Penilai Lomba Kwartir Tingkat  Daerah (Kwarda) 11 Jawa Tengah di  Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga, Minggu (25/5). Tim Kwarda hadir untuk memberikan penilaian terhadap kinerja Kwarcab Purbalingga.

Menurut Sukento, dengan menggiatkan kembali gerakan Pramuka melalui penilaian dibidang kepramukaan dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pembinaan mental generasi, serta menjadikan ekstra kurikuler (ekskul) di sekolah. “Itu semua bertujuan agar Pramuka menjadi jati diri serta dicintai oleh anak dan generasi sekarang, juga sebagai benteng generasi muda dari akhlak tercela. Karena degradasi moral menjadi musuh bersama, sehingga Pramuka perlu dikembalikan lagi ke sekolah,”pinta Kento.

Ketua Tim Penilai Lomba Kwarda 11 Jawa Tengah Agus Widiyanto mengatakan, dengan adanya kegiatan penilaian tersebut, yang perlu menjadi pegangan adalah bukan kejuaraan, tapi tujuannya, juga proses menuju kejuaraan agar dijunjung tinggi. “Karena proses ini merupakan bagaimana cara kita berorganisasi dengan baik, tertib, efisien, serta penuh semangat tinggi,”kata Agus.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Purbalingga Trisnanto mengatakan, penilaian lomba yang dilakukan oleh kwarda 11 Jawa Tengah merupakan untuk menilai kinerja kwartir pada tahun 2013, sedangka pelaksanaanya dilakukan di awal tahun 2014.

Sumber : http://www.koranwawasan.com/26/05/2014/pramuka-cegah-degradasi-moral/

0 comments:

Post a Comment