Tuesday, 20 March 2012

LT IV Kaltim

SAMARINDA -Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim siap menggelar Lomba Tingkat (LT) IV Gerakan Pramuka Penggalang Kaltim yang rencananya dihelat di Kutai Barat, 31 Maret - 4 April 2012. LT IV ini adalah jenjang lomba setiap tingkatan mulai LT I di tingkat Gugus Depan yang diikuti regu Penggalang, LT II yang diikuti Penggalang tingkat ranting atau kecamatan, dan LT III atau di tingkat Kuartir Cabang kabupaten/kota.

"LT IV merupakan lomba Gerakan Pramuka Penggalang berjenjang. Artinya, peserta LT IV ini merupakan regu penggalang terbaik utusan Kuarcab kabupaten/kota yang direkomendasikan mengikuti LT IV atau tingkat Kuartir Daerah (Kuarda) Kaltim," ujar Kepala Dispora Kaltim yang juga Ketua Panpel LT IV, H Sigit Muryono, ketika menggelar konfrensi pers di ruang kerjanya, Senin (19/3).

Sigit menyebut, regu penggalang terbaik pada LT IV nanti akan mewakili regu Penggalang Kuarda Kaltim ke LT V atau tingkat Nasional/Kuarnas. Menurut dia, saat ini 14 kabupaten/kota se-Kaltim melaksanakan LT III. Hasilnya, masing-masing kabupaten/kota akan mengirim dua regu penggalang terbaik, satu regu penggalang putra dan satunya regu penggalang putri.

Pendaftaran masing-masing Kuarcab di Kuarda Kaltim Cq Panitia LT IV Kuarda Gerakan Pramuka Kaltim selambatnya sebelum keberangkatan peserta ke lokasi penyelenggaraan atau 30 Maret 2012. Bagi yang sudah terdaftar sebagai utusan cabang akan diberangkatkan secara bersama melalui perjalanan air menggunakan dua kapal untuk regu penggalang putra dan putri.

"Peserta akan diberangkatkan 31 Maret 2012 yang rencananya dilepas Pak Gubernur atau Pak Wagub," katanya seraya menyebut, regu penggalang Kuarcab Kukar dan Kubar harus menunggu di satu titik di daerah masing-masing. Kukar sendiri menjadi daerah lintasan peserta menuju lokasi LT IV.

Menurut Sigit, regu penggalang Kukar akan bergabung dengan regu lainnya di daerah Kukar sendiri. Sedang regu penggalang tuan rumah Kubar akan bergabung setibanya regu penggalang dari 13 Kuarcab kabupaten/kota. Bergabungnya regu penggalang dari dua kabupaten ini sekaligus menandai dimulainya iklim lomba.

"Sesampainya di Kubar regu penggalang sudah steril. Mereka tidak bergabung lagi dengan bina pendamping masing-masing. Bina pendamping akan dipisah di kem khusus yang diberi nama Karang Pamitran yang berisi seluruh pembina pendamping, pelatih dan partisipan atau anggota dewasa yang hadir saat kegiatan tapi tidak terlibat kepanitiaan," katanya.

Menurut dia, penyelenggaraan LT IV Gerakan Pramuka Penggalang Kaltim tahun 2012 sedikit berbeda dengan LT IV sebelumnya. Sebab, di kapal atau sejak perjalanan, peserta sudah diberi bekal-bekal ceramah tentang kepemudaan, kepramukaan, kerohanian dan tatacara hidup bermasyarakat. Selain itu dilakukan pemutaran film yang sifatnya memotivasi seperti gambaran sejarah berdirinya Pramuka hingga saat ini.

0 comments:

Post a Comment