Wednesday, 14 March 2012

Pramuka Hindarkan Perilaku Negatif

Batulicin – Guna menghindarkan generasi muda dari prilaku atau kegiatan yang bersifat negatif, maka kegiatan kepramukaan diharapkan dapat menjadi solusi.
Demikian dikatakan Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Mardani H Maming saat membuka lomba tingkat 3 regu pramuka panggalang kwartir cabang Tanah Bumbu di perkemahan satya dharma pulau salak kecamatan kusan hilir, Jumat (2/3/2012).

Kemerosotan moral akibat salah pergaulan serta merosotnya sikap nasionalisme terhadap negeri ini dapat dihindari melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat positif seperti kepramukaan yang mana didalamnya mengandung pesan-pesan moral agama, sosial, kemasyarakatan serta mencintai lingkungan.
Untuk itu, Bupati meminta kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Tanbu agar mengintruksikan sekolah-sekolah untuk mengaktifkan kembali kegiatan kepramukaan disore jumat atau sore sabtu dan bekerjasama dengan pihak TNI atau instansi terkait untuk mendidik disekolah-sekolah agar terbentuk karakter nasionalisme bangsa.

Selain itu, ujar Bupati, kegiatan kepramukaan ini hendaknya mampu menjadi penyemangat dan motivasi dalam rangka menumbuhkembangkan sikap terampil, berani, percaya diri, tanggung jawab, disiplin, jujur, aktif, dan kreatif.

Terkait pelaksanaan lomba, Bupati meminta kepada panitia agar dapat manjalankan lomba dengan pola kegiatan yang menarik, menyenangkan, bermakna, dan bermanfaat bagi peserta didik.

Kegiatan lomba yang dilaksanakan dari tanggal 2 - 4 Maret 2012 meliputi kegiatan mental dan spiritual, peningkatan kualitas ilmu pengetahuan dan tekhnologi, peningkatan keterampilan, persaingan sehat dan persaudaraan. Peserta terdiri dari regu panggalang putra sebanyak 75 orang dan penggalang putri sebanyak 75 orang yang mewakili dari 7 kwartir ranting.

0 comments:

Post a Comment