Tuesday, 13 March 2012

Penghijauan Pramuka Sambas

Pemangkat–Bekas galian C membuat Gunung Gajah di Kecamatan Pemangkat rawan longsor. Agar kondisinya hijau dan asri kembali, Bupati Sambas dr Hj Juliarti Djuhardi Alwi MPH mengajak anggota pramuka menanam pohon, Minggu (11/3).

“Penghijauan lingkungan harus kita lakukan mulai sekarang. Caranya dengan menanam pohon, supaya ke depan dapat menghijaukan alam hingga menjadi asri dan alami. Ini dilakukan agar lingkungan kita menjadi sejuk dan nyaman serta dapat menghindari terjadinya longsor,” papar Juliarti.

Aksi tanam pohon dilakukan bersama pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Sambas dan muspika, melibatkan 500 anggota pramuka. Mereka menanam 1.300 bibit pohon mahoni dan trembesi bantuan dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Sambas.

“Pohon yang ditanam harus dipelihara dengan baik. Ini dilakukan agar hutan lindung Gunung Gajah kembali lestari,” kata Juliarti.

Diungkapkan Juliarti, pramuka harus mampu menjaga kelestarian alam dengan menciptakan penghijauan, apalagi dalam keteladanan pramuka lebih ditekankan mencintai lingkungan. Sebagai generasi muda Kabupaten Sambas, kata Juliarti, pramuka harus terus berkreasi dan berinovasi menjadi manusia unggul.

“Karena pramuka merupakan wadah penempaan diri menjadi manusia yang memiliki kepribadian, berkarakter dan berbudi luhur,” ucapnya.

Menjaga kelestarian alam bagi pramuka bermanfaat untuk melatih fisik dan mental, sehingga menjadi pemuda yang tangguh. Peran sekolah tentunya sangat penting, karena setiap sekolah diwajibkan melaksanakan kegiatan pramuka. “Agar menjadi pramuka sejati, harus menguasai Dasa Dharma Pramuka dan tidak ikut-ikutan saja. Melainkan harus menjiwai makna pramuka itu sendiri,” imbau Juliarti.

Sementara itu, mewakili Dewan Kerja Cabang (DKC) Pramuka Sambas Drs H Dailami Msi mengungkapkan kegiatan penghijauan yang dilakukan merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Perkemahan Dewan Kerja Pramuka se-Kabupaten Sambas. Kegiatan tersebut dipusatkan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Sambas di Pemangkat, Sabtu-Minggu (10-11/3).

“Melalui kegiatan penghijauan ini, kita harapkan semakin meningkatkan rasa cinta kita terhadap kelestarian lingkungan, sehingga lingkungan menjadi asri dan alami,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Camat Pemangkat Burhani B Soni. Penghijauan ujarnya, merupakan langkah awal melestarikan lingkungan di Kecamatan Pemangkat yang sebagian dirusak oleh oknum tak bertanggung jawab. “Dengan dilaksanakan penghijauan, diharapkan tidak saja hanya pramuka yang perhatian, melainkan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Sambas, khususnya di Kecamatan Pemangkat,” tandasnya.

Sumber : equator-news

0 comments:

Post a Comment