Thursday, 24 July 2014

Pramuka Diminta jadi Garda Terdepan Pencegahan Narkoba

PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin meminta kepada Kwarda Pramuka Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk menjadikan Gerakan Pramuka menjadi garda terdepan dalam memerangi narkoba di kalangan pemuda.

Selain itu gubernur minta Gerakan Pramuka mengerti akan bahaya makanan dan minuman yang mengandung bahan berbahaya yang sering dijual di lingkungan sekolah.

Dua hal ini diharapkan oleh Gubernur H Alex Noerdin dapat menjadikan Program Utama Kwarda Pramuka Provinsi Sumsel ke depan.

Menurut Gubernur H Alex Noerdin, dua hal ini dapat menjadi perhatian penuh Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Sumsel sebagai langkah dan program kerja Pramuka yang kongkrit.

Hal ini disampaikan Gubernur H Alex Noerdin saat menghadiri Rapat Paparan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumsel H Mukti Sulaiman tentang strategi Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel, Rabu (23/7/2014) di Ruang Rapat Bina Praja Pemprov Sumsel.

Dalam kesempatan itu juga dipaparkan tentang kesiapan Sarana Prasarana dan Fasilitas Perkemahan Wirakarya se-Sumsel yang akan dilaksanakan 22-27 Agustus 2014 di Kota Lubuk Linggau oleh Wali Kota Lubuk Linggau Prana Putra Sohe.

Gubernur H Alex Noerdin mengatakan, rapat ini membahas tentang strategi Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel dan Persiapan Pemerintah Kota Lubuk Linggau sebagai tuan rumah Perkemahan Wirakarya se-Sumsel.

Menurutnya, secara keseluruhan semua sudah baik dan Pemerintah Kota Lubuk Linggau sendiri sudah siap.

Gubernur H Alex Noerdin menambahkan, dalam rapat ini ada dua hal yakni bagaimana pemberantasa narkoba di kalangan pemuda dan bagaimana menghindari bahaya makanan dan minuman yang berbahaya di lingkungan sekolah dengan menjadikan Gerakan Pramuka di setiap sekolah-sekolah mengerti akan makanan dan minuman yang mengandung bahan berbahaya karena anak-anak didik Pramuka itu sendiri adanya di sekolah.

Dengan begitu, kata Alex, Gerakan Pramuka yang ada di sekolah- sekolah dapat mengadakan razia terhadap makanan minuman yang sering dijual di sekitar lingkungan sekolah mereka. Sementara, pemberantasan narkoba dikalangan pemuda juga tidak kalah pentingnya untuk mendapat perhatian dari Kwarda Gerakan Pramuka karena hingga saat ini bahaya narkoba terus menjalar bahkan di tingkat anak sekolah.

"Untuk itu, dua hal ini saya harapkan dapat menjadi Program utama Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Sumsel kedepannya," timpal Gubernur H Alex Noerdin.

Sementara dalam paparan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumsel Mukti Sulaiman tentang strategi Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel menerangkan, tentang rencana pembangunan Bumi Perkemahan Provinsi Sumsel yang menetap di Kawasan Gandus Palembang yang saat ini masih dalam proses pengukuran lahan dan selanjutnya akan disertifikatkan oleh BPN.

"Beberapa bulan yang lalu sudah dikirimkan surat ke BPN untuk dilakukan pengukuran lahan Bumi Perkemahan Sumsel dan pensertifikatan lahan tersebut," timpalnya.

Wali Kota Lubuk Linggau Prana Putra Sohe dalam kesempatan yang sama memaparkan tentang kesiapan sarana prasarana dan fasilitas Perkemahan Wirakarya se-Sumsel.

Dia menerangkan, pihaknya telah siap menjadi tuan rumah Perkemahan Wirakarya se-Sumsel ini. Berbagai persiapan sudah dilakukan diantaranya penyediaan lahan untuk perkemahan yang saat sudah dalam proses pengerasan lahan.

Sumber :  http://daerah.sindonews.com/read/885813/24/pramuka-diminta-jadi-garda-terdepan-pencegahan-narkoba

0 comments:

Post a Comment