Wednesday, 9 July 2014

Pramuka STAIN Purwokerto Kantongi Beberapa Kejuaraan dalam PWN XII

Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) ke-XII berlangsung pada tanggal 13-20 Mei 2014 di bumi raflesia (Bengkulu). Agenda Nasional yang diadakan setiap 2 tahun sekali ini, menetapkan IAIN Bengulu sebagai tuan rumah penyelenggara PWN ke-XII tahun 2014.

Selama ± 7 hari, 56 kontingen dari seluruh penjuru Indonesia berkumpul dan mendirikan tenda di wilayah bumi perkemahan (buper) IAIN Bengkulu yang berlatar danau tadah hujan. Danau tadah hujan ini, sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan sanitasi peserta kegiatan.

Pada ajang Nasional tersebut, kontingen Pramuka STAIN Purwokerto (Racana Sunan Kalijaga-Cut Nyak Dien STAIN Purwokerto), mengirimkan 16 peserta yang terdiri 8 putra, dan 8 putri. Kontingen Pramuka STAIN Purwokerto berhasil meraih beberapa kejuaran yang dilombakan, di antaranya: juara favorit pentas seni budaya se-Indonesia dan juara III lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) se-Indonesia yang diikuti oleh Ketua Dewan Racana Putri, Kak Siti Nur Zakiyah. Beberapa perlombaan juga tak kalah mendapat prestasi yang membanggakan, di antaranya: lomba Software Tekpram (teknik kepramukaan) mendapat nominator 20 besar, disusul pula dengan lomba Syarhil Qur’an yang menempati peringkat ke-7 dari 56 kontingen.

Selain beberapa ajang perlombaan yang disuguhkan, peserta PWN ke-XII juga diajak untuk bermasyarakat melalui kegiatan bakti sosial dan nge-homestay di rumah-rumah induk semang kampung Melayu, Bengkulu. Tujuannya adalah agar pramuka mampu mengabdikan diri di tengah-tengah masyarakan sesuai dengan salah satu fungsi dari tri bina gerakan Pramuka yaitu bina masyarakat.

Acara PWN ke-XII di IAIN Bengkulu ditutup dengan berbagai kesenian khas traditional Bengkulu dan Marching Band yang telah berprestasi di tingkat Nasional.

Sumber : http://stainpurwokerto.ac.id/stain6/?p=611

0 comments:

Post a Comment