Friday, 11 July 2014

Pramuka Harus Aktif Perkuat Syiar Islam

LHOKSUKON - Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, mengatakan pramuka tidak hanya fokus pada masalah sosial, bela negara dan ketrampilan. Tetapi tidak kalah pentingnya, pramuka juga harus aktif dalam penguatan syiar Islam di Aceh.

Hal tersebut disampaikan Gubrnur dalam pidato tertulisnya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib, pada acara pembukaan MTQ Tunas Ramadhan ke-12 Gerakkan Pramuka Kwarda Aceh, Kamis (10/7) malam ba’da tarawah di lapangan Utama, Lhoksukon, Aceh Utara.
“Momentum Ramadhan salah satu ruang terbaik untuk memperkuat syiar Islam. Oleh karena itu kegiatan kepramukaan berbasis syariat Islam harus kita perbanyak selama bulan suci Ramadhan ini,” kata Gubernur Zaini. 

Gubernur mengajak anggota pramuka Aceh agar dapat melakukan berbagai aktivitas dalam mensyiarkan agama selama bulan suci Ramadhan, baik dilakukan secara perorangan maupun  kelompok. Seorang anggota pramuka harus menunjukkan bahwa dia adalah seorang yang tidak pernah menyia-nyiakan keberkahan yang dijanjikan Allah selama Ramadhan. Ibadah sunnah harus diperbanyak untuk memperkuat ibadah wajib yang dilaksanakan sehari-hari.

MTQ Tunas Ramadhan ini, kata Gubernur, tidak hanya sekedar berlomba dan tampil sebagai pembaca Alquran yang baik. Tapi, harus juga membumikan niai-nilai Alquran sebagai pegangan hidup ke depan. Seorang pramuka seharusnya memiliki perilaku sebagaimana yang dijabarkan dalam Alquran. Oleh karena itu pemahaman dan pengamalan nilai Alquran harus diperkuat oleh anak-anak muda Aceh.

“Adik-adik anggota pramuka harus menjadi contoh dalam pengamalan nilai-nilai Alquran,” harap Gubernur. Ketua Panitia H Baharuddin mengatakan, peserta MTQ Pramuka ke-12 kali ini sebanyak 19 kontingen. Meski hujan deras, acara pembukaan MTQ yang sempat molor berlangsung sukses.

Sumber : http://aceh.tribunnews.com/2014/07/11/gubernur-pramuka-harus-aktif-perkuat-syiar-islam

0 comments:

Post a Comment