Friday, 7 January 2011

350 Kepsek di Jaksel Ikuti Orientasi Pramuka

Sebanyak 350 kepala sekolah (kepsek) mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jakarta Selatan mengikuti orientasi kepramukaan yang berlangsung di kantor Walikota Jakarta Selatan, Kamis (6/1). Melalui orientasi ini, para kepala sekolah dapat meneruskan materi dan ilmu yang diperoleh saat orientasi kepada siswanya mengenai kepramukaan. Dengan begitu, diharapkan akan merubah sikap siswa terhadap lingkungan.

Kepala Sudin Pendidikan Dasar Jakarta Selatan, Muhammad Arif mengatakan, pembekalan dimaksudkan untuk memotivasi kepala sekolah untuk memajukan kegiatan kepramukaan. Dengan pramuka, ke depan diharapkan dapat merangsang siswa untuk bersikap lebih baik.

"Kita berikan melalui kepala sekolah. Kemudian mereka akan berkoordinasi dengn guru untuk menyampaikannya ke siswa. Sehingga dalam berpramuka siswa tidak hanya berpakaian saja tetapi juga menerapkan dalam kehidupan sosial," ujar Arif, Kamis (6/1).

Dikatakan Arief, dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), siswa kurang mendapatkan pendidikan tentang kepramukaan. Untuk itu, agar dapat tersampaikan kepada siswa, pihak sekolah hendaknya memberikan pemahaman di liar kegiatan belajar mengajar. "Seperti ektsrakulikuler, siswa dibekali dengan nilai-nilai yang sesuai dengan kepramukaan," katanya.

Kegiatan ini, ditambahkan Arif, juga dapat meningkatkan citra pramuka agar lebih dipahami dan diminati oleh kaum muda serta dapat berpartisipasi di dalamnya.

0 comments:

Post a Comment