Tuesday, 4 January 2011

Jambore Cabang Parepare

PAREPARE — Pelaksanaan Jambore Cabang (Jamcab) IX 2011, 3-8 Januari, berlangsung di Elle Kalukue Kelurahan Bumi Harapan Kecamatan Bacukiki Barat Parepare.

Kegiatan ini dibuka Walikota Parepare, yang diwakili oleh Asisten II Pemkot, Ir HA Faisal Andi Sapada MM. Ketua panitia pelaksana, H Sulaiman SE, dalam laporannya mengatakan, jambore pramuka penggalang ini merupakan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar pramuka penggalang. Kegiatan ini juga sebagai sarana pembinaan pramuka penggalang yang menitik beratkan pada pengembangan fisik dan mental pramuka penggalang. “Jambore Cabang ini diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Parepare dalam rangka upaya pencapaian tujuan gerakan pramuka,” jelas anggota DPRD ini. 

Adapun dasar pemilkiran kegiatan ini, yakni Keputusan Kwartir Cabang Pramuka Nomor 017 tahun 2010 tentang panitia penyelanggara Jambore Cabang IX 2011. Tujuan dilaksanakan jambore cabang IX 2011, untuk meningkatkan kemandirian, kepemimpinan, keterampilan, persatuan, dan kesatuan pramuka penggalang. Serta memiliki komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan Pramuka yakni Tri Satya dan dasar Darma. “Sasarannya, meningkatkan ketakwaan terhadap TYME, terbinanya tali persaudaraan terhadap dan ikut serta membangun jatu diri bangsa dan beberapa sasaran lainnya,” kata Sulaiman. 

Jambore Cabang IX ini, pesertanya berasal dari gugus depan pramuka yang berpangkalan pada sekolah, kelurahan dan instansi, sebanyak 1628 orang yang terdiri dari Pramuka penggalang putera 740 orang, Pramuka Penggalang puteri 740 orang, Pembina Putera 74 orang, Pembina Damping Puteri 74 orang. Kegiatannya, diramu sehingga sesuai dengan Jambore Nasional 2011 di Sumatera Selatan , kegiatan yang dimaksud diantaranya keagamaan, olahraga, permainan dan beberapa kegiatan lainnya. Mewakili Walikota Parepare, Asisten II, Ir H A Faisal Andi Sapada, berharap, kegiatan Jambore Cabang yang dilaksanakan 5 tahun sekali ini, membuat pendidikan di usia dini itu lebih mencintai alam dan sesama “Semoga adik-adik pramuka ini akan lebih mencintai alam dan sesama. Karena sangat baik bagi kehidupan ke depan,” harapnya.

Sumber : Parepos.co.id

0 comments:

Post a Comment