Saturday, 7 August 2010

Ketua Kwarnas Pramuka Minta Dukungan Anggaran Pemerintah


JAKARTA--MI: Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Azrul Azwar menyatakan bahwa Gerakan Pramuka mengharapkan adanya dukungan dana dari pemerintah untuk revitalisasi program kepramukaan. Hal itu diperjuangkan dalam RUU Pramuka yang segera dibahas di DPR.

Azrul menekankan pentingnya bantuan pemerintah walaupun tujuan pendidikan pramuka untuk membentuk karakter. "Gerakan Pramuka ditugaskan, tetapi tugas itu tanpa disertai dengan dukungan dana," kata Azrul usai bertemu Wakil Presiden (Wapres) Boediono di Istana Wapres Jakarta, Rabu (4/8).

Menurut Azrul, acuan hukum keberadaan pramuka mengacu pada Keppres 238 Tahun 1961. Makanya, Azrul meminta pemerintah pusat maupun daerah mengalokasi dana APBN atau APBD untuk menopang kegiatan pramuka.

Di sisi lain, kata Azrul, organisasi pramuka juga mencari sumber pendanaan lain yang sifatnya mengikat. "Dana-dana itu bukan untuk organisasi, tapi untuk pembinaan gugus depan di desa," kata dia.

Azrul menambahkan, permintaan dukungan dana ini sudah disampaikan dalam pembahasan rancangan undang-undang Pramuka yang masuk dalam program legislasi nasional 2010. Menurut Azwar, pembentukan Undang-Undang Pramuka merupakan inisiatif Komisi X DPR.

Dari sisi pemerintah, ada tiga Kementerian yang terlibat dalam pembahasan yaitu Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga, serta Kementerian Hukum dan HAM. "Ketuanya adalah Menteri Pendidikan Nasional," terang Azwar.

Selain masalah dana, dalam pembahasan RUU Pramuka itu Kwarnas Pramuka juga mengusulkan 3 hal lain yaitu, pendidikan pramuka adalah pendidikan melalui dasa dharma dan Pancasila. Kedua, Kwarnas Pramuka ingin memantapkan organisasi Pramuka adalah satu-satunya yang dibenarkan di Indonesia. Serta ketiga, memperbaharui sistem pendidikan organisasi Gerakan Pramuka.

"Wapres meminta kami memperbarui materi pelatihan pramuka agar lebih disukai generasi muda," katanya.

Selain itu, seperti yang sudah disampaikan Menpora Andi Mallarangeng, Gerakan Pramuka diharapkan membuat dan merevitalisasi atribut-atribut organisasi bagaimana supaya lebih menarik generasi muda. (Tup/X-11)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/

0 comments:

Post a Comment