Sunday, 15 August 2010

Pramuka : Target Pengaktifan Gudep

Pramuka merupakan organisasi pembinaan pemuda, yang keberadaannya hampir seumur dengan Republik Indonesia (RI). Tahun 2010 ini peringatan HUT Pramuka ke-49 di tanggal 14 Agustus di pusatkan di kantor Wali Kota Kendari. Mengenai kondisi kepramukaan di Kota Kendari, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Kendari, Mussadar Mappasomba angkat bicara.

"Tanpa terasa usia Pramuka telah mencapai 49 tahun, yang secara pribadi saya merasakan manfaat tergabung dalam kepramukaan ini. Pasalnya pengembangan nilai-nilai leadership sangat pesat di kegiatan ini, sehingga saya sangat mengharapkan kepada para orang tua untuk dapat memasukkan anaknya di pramuka," ujar Mussadar.

Pramuka Garuda Tingkat penggalang ini kembali mengingatkan jika dalam pramuka terdapat dasa dharma, yang tidak hanya mengatur tetang ketakwaan terhadap TYME. Tetapi juga hubungan manusia dengan alam dan sesamanya.

"Nilai-nilai hubungan itu bisa kita kristalkan kepada para anak atau peserta didik, dan bagusnya di pramuka edukasi dan penanaman nilai moral ditularkan melalui permainan. Sehingga para pelajar dapat enjoy menerima pembelajarannya, dan sesungguhnya telah terjadi proses perubahan perilaku, serta tanpa disadari telah tersemai bibit-bibit leadership yang aktif dan akrab," ingatnya.

Pimpinan Regu Jambore Asia Pasifik pada 1986 ini mengungkapkan dalam Musyawarah Kwarcab beberapa waktu lalu telah disepakati Kota Kendari sebagai daerah percontohan pembinaan pramuka se-Indonesia Timur. Tetapi diakuinya untuk mewujudkannya tidak mudah.

"Meskipun demikian jika kita memiliki keinginan yang kuat untuk mewujudkannya, apalagi saat ini telah ada bumi perkemahan di eks terminal Abeli. Sehingga diharapkan bumi perkemahan dapat menjadi tempat bersama, tidak hanya untuk kegiatan pramuka tetapi juga kegiatan lain seperti kegiatan penanaman kecintaan lingkungan," lanjutnya.

Mengenai peningkatan kualitas SDM, dikatakannya pihaknya juga telah melaksanakan kursus mahir dasar dan lanjutan se-Kwarcab Kota Kendari. "Karena itu pencapaian dalam pramuka bukan hanya dalam fisik saja, tetapi peningkatan kualitas SDM. Yang akan kami wujudkan dengan keaktifan gugus depan (Gudep) di sekolah, dengan dikoordinir kwartir ranting (Kwarran)," katanya.

Sehubungan dengan prestasi yang dicapai Pramuka Kwarcab Kota Kendari, menurutnya ditandai dengan keikutsertaan pada berbagai ajang bertaraf nasional dan internasional. "Misalnya pada 2009 lalu dua regu Kwarcab Kota Kendari terpilih mengikuti Jambore Asia. Selain itu selalu ikut serta dalam jambore dan raemuna nasional," bebernya. (cr6)

sumber : kendarinews.com

0 comments:

Post a Comment