Sunday, 15 August 2010

Pramuka Memiliki Peran Penting dalam Mencetak Generasi Muda Unggul


Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan bahwa gerakan Pramuka sesungguhnya memiliki peran penting dalam mencetak generasi muda yang unggul dan berkarakter. Hal ini ditegaskan Presiden SBY dalam amanatnya sebagai pembina upacara pada Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-49 di Lapangan Gajah Mada, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, hari Sabtu (14/8) sore.

“Peran itu antara lain, pertama, mencetak generasi muda sebagai agen pembangunan. Kedua, menjadi salah satu instrumen penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan praktis,” jelas SBY. Presiden kemudian menjelaskan mengenai peran ketiga, yaitu menjadi ajang berkarya bagi generasi muda yang kreatif, berkepribadian tangguh, berbudi pekerti luhur dan berdisiplin. Terakhir, peran keempat adalah menjadi sarana pembelajaran bagi persaudaraan, pertemanan, kerukunan dan kekompakan sesama warga bangsa.

Untuk mencapai peran-peran itu, Presiden mengimbau agar para pimpinan gerakan Pramuka mendengarkan kritik dari masyarakat. “Lakukan inovasi dan pembaharuan, agar metodologi dan kegiatan gerakan kepramukaan semakin tepat dan sesuai dengan kemajuan jaman”, kata SBY.

Presiden SBY kemudian menginstruksikan para menteri terkait untuk terus memberikan perhatian pada kelanjutan pelaksanaan dari Revitalisasi Gerakan Pramuka serta memberikan dukungan dan bantuan yang nyata. “Kepada para gubernur, bupati dan walikota, sekali lagi saya minta untuk terus memberikan dukungan dan kontribusi, termasuk pendanaan pada setiap kegiatan gerakan Pramuka di wilayahnya masing-masing”, terang Presiden diakhir amanatnya. (arc)

Sumber : http://www.presidenri.go.id/

0 comments:

Post a Comment